[LIFESTYLE] Tinkerlust - Cara Smart Belanja Barang Branded

Hi ladies,

Siapa sih yang tidak suka menggunakan barang-barang bermerek, up-to-date, dan keren? Semua orang pastinya ingin selalu tampil stylish sesuai dengan karakternya masing-masing. Meskipun aku bukan orang yang suka bergonta-ganti model pakaian tapi aku masih sangat berhemat dalam membeli barang-barang bermerek. Pastinya salah satu alasannya adalah harganya yang lumayan pricey sehingga tidak sedikit dari kita yang hanya membeli barang bermerek hanya saat acara tertentu saja.

Tapi di jaman serba modern seperti sekarang ini dimana dunia fashion semakin maju dan kebutuhan untuk bisa tampil menarik dan fashionable menjadi slah satu kebutuhan wanita Indonesia. Kadangkala  sebagai wanita kitapun kalap saat melihat diskon dimana-mana. Akibatnya tidak jarang produk fashion malah tertimbun di lemari tanpa tahu kapan akan digunakan atau dipakai. Hayooo ngaku, kalian juga sering seperti itu atau tidak??


Nah, minggu lalu aku sempat menghadiri Talkshow bersama Tinkerlust untuk mengetahui cara lebih aman dan smart dalam berbelanja produk fashion. Yang membuat aku semakin tertarik untuk mengikuti Talkshow ini karena pembicaranya adalah Mba Prita Ghozie seorang financial planner yang akan membantu para wanita yang sering kalap belanja. Hihihi..


Jadi, Tinkerlust adalah sebuah platform preloved marketplace yang sudah didirikan dari tahun 2016. Foundernya adalah Shamira Shihab dan Aliya Amitra yang merupakan dua perempuan cantik yang sadar betul akan bagaimana memanfaatkan fashion stuff agar memiliki usia pakai lebih lama.


Tentang Tinkerlust


Tinkerlust menawarkan konsep menjual dan membeli barang preloved yang menyediakan servis dari awal hingga akhir untuk para penjual. Mulai dari penjemputan barang yang akan dijual, mengkurasi barang yang akan dijual, melakukan pengecekan keaslian barang yang akan dijual, memberikan penilaian harga barang, melakukan pemotretan barang, memasukkannya ke dalam dashboard website, dan menyediakan customer service bagi calon pembeli yang bertanya mengenai barang tersebut. Hingga akhirnya mengirimkan barang tersebut ke pemilik barunya. Jadi sistemnya sudah sangat rapi dan tidak merepotkan penjual.

Tinkerlust menerapkan 4 prinsip dasar yaitu:
1. Environment (menyediakan tempat menjual barang preloved sehingga membantu mengurangi limbah fashion).
2. Smart Shopping (dengan menyediakan berbagai brand dari lokal maupun luar dengan range harga bervariasi sehingga memudahkan kita memiliki fashion stuff branded dengan harga yang jauh lebih murah).
3. Living More Simply (mengambil metode dari Marie Kondo dimana Tinkerlust ingin mengedukasi wanita Indonesia untuk memiliki dan menyimpan barang lebih sedikit dan menjual barang yang jarang terpakai di platform Tinkerlust).
4. By Women For Women (Tinkerlust dipimpin oleh wanita-wanita hebat dan 80% karyawan yang dipekerjakan juga wanita dan barang yang dijual pun semuanya dari wanita untuk wanita).


Tips Menjadi Smart Shopper Belanja Barang Bermerek


Selanjutnya Mba Prita menjelaskan bagaimana bisa menerapkan prinsip Smart Shopper bagi para wanita yang ingin memakan produk fashion bermerek. Beberapa tips dari Mbak Prita yang bisa aku rangkum adalah sebagai berikut:

1. Siapkan satu akun rekening khusus untuk berbelanja sehingga saat berbelanja kita bisa lebih mengontrol pengeluaran dan tidak sampai menggunakan uang belanja bulanan atau uang yang seharusnya digunakan untuk keperluan mendesak lainnya.
2. Sebelum berbelanja, ada baiknya menerapkan Marie Kondo Method yaitu jika ingin membeli 2 item fashion stuff, seharusnya kita juga menjual/menyumbangkan pada orang lain 2-3 fashion stuff yang kita punya yang sudah jarang kita pakai supaya barang yang kita simpan lebih sedikit namun lebih variatif dan terpakai secara maksimal.
3. Apabila hendak membeli baju yang kira-kira hanya kita gunakan 1 kali saja karena hanya membeli untuk dress code sebuah acara, bolehlah kita beli yang cukup mahal namun punya merek dagang dan kualitas yang bagus agar setelah digunakan bisa dengan mudah dijual lagi di Tinkerlust.
4. Simpan uang yang kita dapatkan dari menjual barang-barang preloved di akun rekening yang khusus untuk belanja lagi agar kita bisa melihat perputaran uang yang stabil dengan menjual dan membeli barang preloved yang kita butuhkan. Bonusnya, kita jadi bisa punya dana tambahan untuk belanja lagi.


Hadir juga sebagai narasumber, Shinta Rosvita sebagai salah satu dari TOP 10 penjual fashion preloved di Tinkerlust. Mbak Sinta mengatakan bahwa sebagai seorang Marketing produk makeup, membuat dirinya harus tampil stylish makanya tak jarang bajunya banyak menumpuk di rumah karena sering membeli baju baru untuk keperluan meeting dan event. Tidak terasa sejak bergabung bersama Tinkerlust pada tahun 2016 lalu, Mbak Sinta sudah berhasil menjual ratusan bajunya yang bila dijumlahkan sudah mencapai hampir 30 juta rupiah yang didapat dari menjal baju preloved di Tinkerlust.


Di akhir acara, aku juga mendapat voucher untuk mencoba berbelanja di Tinkerlust. Dan buat kalian yang juga ingin mencoba berbelanja fashion branded dengan harga yang jauh lebih hemat, simak cara berbelanja di Tinkerlust berikut yaa..


Cara berbelanja fashion item di Tinkerlust (via mobile website)


Pastinya pertama-tama buka www.tinkerlust.com dan lakukan Sign Up terlebih dahulu jika belum memiliki akun di Tinkerlust. Bila sudah, langsung saja Log In.

Kemudian akan muncul halaman seperti ini pada home Tinkerlust.



Disini kalian bisa klik Menu yang tertera di sebelah kanan atas, kemudian tinggal pilih saja apakah kalian ingin berbelanja tas, pakaian, sepatu, dan lain sebagainya. Karena aku ingin membeli baju, maka aku akan klik di Pakaian.





Seperti ini tampilan di bagian Pakaian, setelah memilih dan memutuskan pakaian mana yang akan saya beli, kemudian klik langsung pada pakaian tersebut.



Disini akan terlihat lebih detil mengenai bahan, warna, ukuran bahkan nama penjualnya.
Sedikit saran, berhubung Tinkerlust sebagian besar penjalnya adalah artis dan influencer maka akan lebih mudah bagi kita mencari ukuran yang diinginkan. Seperti contohnya aku, aku jarang sekali berbelanja pakaian secara online karena ukuran tubuhku yang mungil dan cukup susah mencari ukura yang pas, jadi aku lebih suka mencari fashion stuff dari beberapa artis atau influencer yang aku tahu memiliki ukuran badan mirip seperti aku.

Setelah cocok dengan model pakaian, ukuran, warna dan harganya, langsung saja klik Add To Chart.



Nanti akan muncul halaman seperti ini, sebagai tanda baju tersebut sudah masuk ke dalam keranjang belanjaan kalian. Apabila masih ingin berbelanja klik Continue Shopping namun bila sudah selesai langsung sakja klik Proceed To Checkout.



Setelah proses checkout, kita akan lihat halaman mengenai konfirmasi alamat pengiriman, metode pengiriman, metode pembayaran dan review order yang sudah kita lakukan. Selanjutnya tinggal menunggu email konfirmasi pemesanan lengkap dengan virtual account/kode pembayaran.

Lakukan pembayaran sesuai metode yang tadi dipilih, kalau aku prefer membayar dengan mobile banking supaya tidak perlu repot-repot melakukan konfirmasi pembayaran karena akan otomatis masuk ke dalam sistem konfirmasi.

Setelah itu tinggal duduk manis dan menunggu sekitar 1-2 hari hingga barang datang. Barang datang dengan pengiriman melalui SiCepat, dan aku ga sabar untuk langsung mencoba dan memakainya di event atau sekedar untuk foto ootd. Hihihi..


Jadi, seperti inilah beberapa baju preloved yang aku pesan di Tinkerlust. 




Walaupun kondisi baju ini preloved tapi masih terlihat seperti baru. Ini karena Tinkerlust benar-benar selektif dalam memilih baju yang msuk untuk dijual, dan apabila kondisi baju tidak layak dijual atau ada cacat sedikit saja maka akan dikembalikan ke pihak penjual. Menurutku, ini salah satu kelebihan Tinkerlust yang memiliki gudang sendiri untuk semua stock yang dijual sehingga sebagai penjual juga tidak perlu repot foto produk dan mengunggah ke dashboard online nya dan bagi pembeli akan mendapatkan barang dengan kualitas yang super bagus seperti baru! Salut untuk hasil kerja keras Shamira Shihab dan Aliya Amitra.

Bagaimana? Punya banyak baju menumpuk di lemari? Lebih baik daftar menjadi penjual di Tinkerlust supaya isi lemari bisa lebih lega dan hasil penjualannya bisa digunakan untuk membeli barang preloved kualitas baru hanya di Tinkerlust.


Tinkerlust





0 comments:

Post a Comment

Sociolla Discount Code: SBNLAL2H

I'm part of Blogger Perempuan

Blogger Babes Asia

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support
Powered by Blogger.