[FOOD] Yuk Belajar Teliti Memilih Yogurt yang Baik

Hai Ladies,

Siapa sih yang belum kenal apa itu yogurt?? Yogurt bisa digolongkan sebagai superfood yang memiliki banyak manfaat tidak hanya untuk kesehatan tapi juga untuk kecantikan. Tapi sebenarnya apa sih yogurt itu?


Yogurt adalah salah satu produk olahan susu dengan cara fermentasi dengan bakteri asam laktat atau biasa kita kenal dengan lactobacillus. Karena berbahan dasar susu, maka vitamin dan mineral yang terkandung di dalam yogurt sama dengan susu pada umumnya. Namun yang membedakan antara susu dengan yogurt adalah yogurt lebih rendah lemak dan lebih mudah dicerna oleh usus kita, maka dari itu banyak yang mengatakan kalau minum yogurt lebih sehat bahkan bisa dikonsumsi juga bagi orang yang sedang dalam program diet.

Di Indonesia, kita mengenal banyak macam olahan yogurt, mulai dari yogurt drink, yogurt cream, greek yogurt, sampai frozen yogurt (froyo). Aku termasuk penyuka yogurt, semua olahan yogurt aku suka bahkan kadang aku juga campurkan plain yogurt di beberapa masakanku sebagai pengganti susu. Cara yang paling simple dan banyak dipilih untuk mengkonsumsi yogurt ialah dengan meminumnya langsung (yogurt drink). 

Bagaimana sih cara memilih yogurt yang baik untuk dikonsumsi?

Buat kalian yang concern tentang kesehatan atau sedang diet, ada baiknya perhatikan lebih dahulu Informasi Nilai Gizi pada kemasan yogurt. Sedikit tips dan saran dari aku:
1. Cek Jumlah Kalori
Terutama jika kalian sedang dalam program diet kalori,
ada baiknya hitung jumlah kalori di kemasan yogurt yang akan dikonsumsi dan sesuaikan dengan kebutuhan asupan kalori harianmu.
2. Cek Kandungan Gula
Ada beberapa orang yang menyukai rasa asam dari yogurt tapi ada juga beberapa orang yang kurang tahan dengan rasa asamnya, jadi coba lihat berapa jumlah kandungan gula nya, dari situ kalian bisa memperkirakan seberapa rasa asam atau manis nya sesuai dengan seleramu.
3. Cari yang Rendah Lemak Jenuh
Bila kita mulai mengkonsumsi yogurt berarti kita sudah mulai concern dengan kesehatan, dan kita tahu lemak jenuh kurang baik untuk kesehatan apalagi di usia dewasa dimana masa pertumbuhan sudah terhenti sebaiknya mulai kurang lemak jenuh. Lemak jenuh yang baik adalah kurang dari 2gr per kemasan yogurt.
4. Pilih yang tinggi Kalsium
Kalsium baik untuk kesehatan tulang maka dari itu kebutuhan kalsium akan meningkat seiring usia untuk mencegah tulang keropos atau penyakit persendian yang lain. Yogurt yang baik memiliki jumlah Kalsium diatas 20%.
Itu beberapa tips ku untuk memilih yogurt, sebenarnya plain yogurt akan lebih sehat dibandingkan dengan yogurt rasa buah. Tapi di negara kita banyak yang kurang suka plain yogurt apalagi anak kecil pasti memilih rasa aneka buah.

Ngomong-ngomong tentang yogurt rasa aneka buah, ada dua merek yogurt yang sangat sering aku dan keluargaku minum yaitu Heavenly Blush dan Cimory. Kalian juga pasti tau kan? Atau malahan sering minum juga? Hehehe..


Kalau diminta untuk memilih antara Heavenly Blush atau Cimory, aku cukup kesulitan memilihnya karena keduanya sama-sama enak! Tapi memang sih ada beberapa kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Dan di postinganku kali ini aku akan bercerita sedikit tentang kekurangan dan kelebihannya kedua brand yogurt favoritku!

Secara keseluruhan, yang aku suka dan tidak suka dengan Heavenly Blush Yogurt Drink:
+ Hi-Calcium untuk memelihara kesehatan tulang dan mendukung gaya hidup yang aktif.
+ Rendah lemak, hanya memiliki 100 kalori sehingga pas untuk diet.
+ Bisa dibawa kemanapun walaupun tanpa disimpan dalam lemari es, karena Heavenly Blush dibuat dengan proses aseptis dan UHT jadi tidak perlu kuatir saat dibawa traveling dan cukup lama berada diluar lemari pendingin.
+Mengandung Serat Pangan Prebiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menurunkan kolesterol.
+ Rasa asam dan manis nya pas, cocok untuk kalian yang kurang suka yogurt terlalu asam.
- Rasa buahnya kurang bervariasi (3 pilihan rasa)
- Kemasan tetrapack membuat kita sulit mengetahui warna asli yogurt nya dan harus habis dalam sekali minum.

Secara keseluruhan yang aku suka dan tidak suka dengan Cimory Yogurt Drink:
+ Memiliki pilihan rasa buah yang bervariasi (11 pilihan rasa)
+ Kemasan botol bening, terlihat warna asli isi di dalamnya dan bisa disimpan beberapa jam setelah dibuka.
+ Yogurt Drink Cimory tidak melalui proses pemanasan, hanya fermentasi sampai suhu 45 derajat celsius untuk mengubah laktosa susu menjadi asam laktat. Itu sebabnya yogurt Cimory harus disimpan di suhu -15 derajat celsius.
+ Mengandung bakteri baik Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophillus untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan.
- Tidak tahan lama diluar lemari pendingin.

Selain beberapa kelebihan dan kekurangannya diatas, aku juga sempat mencoba 3 varian rasa Heavenly Blush dan beberapa varian Cimory Yogurt Drink. Sekarang kita bandingkan rasanya ya..

Heavenly Blush Strawberry dengan Cimory Yogurt Drink Strawberry


Strawberry memiliki kandungan Vitamin C, tinggi serat dan juga kaya akan antioksidan jadi kebayang kan sehatnya strawberry yang segar dan nikmat ditambah manfaat dari yogurt pastinya makin sehat dan segar.
Menurut aku rasa Heavenly Blush Strawberry lebih manis jika dibandingkan dengan Cimory Yogurt Drink Strawberry, untuk tekstur nya Cimory terasa lebih pekat dan agak kental.

Heavenly Blush Blackurrant dengan Cimory Yogurt Drink Blueberry





Blackcurrant mengandung hampir 3x lipat lebih banyak antioksidan dan Vitamin C dibandingkan dengan Blueberry, tapi keduanya sama-sama dari golongan berry yang termasuk superfood.
Untuk rasa antara Heavenly Blush Blackcurrant dengan Cimory Yogurt Drink Blueberry menurut aku, 

Heavenly Blush Peach dengan Cimory Yogurt Drink Mixed Fruit



Untuk pembanding rasa yang terakhir ini aku agak kesulitan mencari mana yang cocok untuk pembanding Heavenly Blush Peach karena Cimory tidak memiliki rasa Peach jadi aku pilih Mixed Fruit dengan alasan warna nya sama-sama kuning. Hahaha...
Rasanya menurutku 

Nah, dari semua perbandingan plus dan minus nya ditambah lagi dengan pembadingan rasa, kalau aku diminta lagi untuk memilih mana yang lebih aku suka aku masih tetap bingung. Kedua brand ini sama-sama memiliki kualitas yang baik, rasa yang enak dan kelebihan masing-masing yang melengkapi kekurangan yang lainnya. Jadi aku memutuskan Heavenly Blush sebagai teman saat menunda lapar dikala sedang aktivitas diluar rumah dan Cimory untuk supply yogurt di rumah karena hanya bisa disimpan dalam suhu dingin di dalam lemari es.

Ada yang bilang kalau yogurt kurang baik dikonsumsi penderita maag, bener ga sih? Setelah aku baca beberapa artikel, ternyata itu hanya mitos mungkin karena rasa asam dari yogurt yang kadang membuat beberapa orang yang memiliki riwayat gangguan lambung jadi lebih sensitif. Nah untuk Heavenly Blush, menurut aku asam dan manis nya pas jadi cocok untuk sebelum ataupun sesudah makan dan bisa juga buat kalian yang memiliki gangguan lambung tanpa takut meringis. Hihihi...
Selain itu minum yogurt setiap hari bisa jadi "natural remedies" karena kandungan alami dalam yogurt mampu menambah daya tahan tubuh dan membantu mencegah berbagai macam penyakit.

Oh ya, ada baiknya jika mengkonsumsi yogurt saat:
- Sarapan
Terutama buat kalian yang menjaga berat badan tetap ideal atau dalam program diet karena sarapan dengan yogurt lebih pas kalorinya dan lebih ringan.
- Sebelum makan siang / sebelum makan malam
Lho koq sebelum makan? Ternyata yogurt memiliki serat pangan yang baik sehingga mampu mengurangi jumlah makanan berat yang akan kita konsumsi jadi bisa juga untuk diet dan mengatur pola makan.
- Sebelum tidur
Yogurt memiliki kandungan probiotik dari asam laktat yang mampu membersihkan usus dan membantu melancarkan pencernaan esok paginya. Ini bisa juga untuk mengatasi sembelit atau kalian yang BAB nya ga rutin.

Jadi bagaimana? Tertarik untuk mencoba minum yogurt setiap hari? Pastinya harus donk, karena menjaga kesehatan jauh lebih baik daripada mengobati kan...

Produk Heavenly Blush dan Cimory bisa kalian dapatkan di supermarket atau minimarket terdekat hanya dengan kisaran harga 7.000 - 8.000an per kemasan. Tapi ingat sekali lagi, telitilah memilih yogurt yang baik!

Oke, semoga postinganku kali ini bermanfaat untuk kalian ya, jangan lupa untuk kasi komentar, pertanyaan  atau masukan kalian di bawah sini ya. See you on my next post, ladies..

Kiss kiss,
-anitamayaa-

0 comments:

Post a Comment

Sociolla Discount Code: SBNLAL2H

I'm part of Blogger Perempuan

Blogger Babes Asia

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support
Powered by Blogger.