[FASHION] Belajar Jadi Fashion Designer di Ririn Rinura School of Design

Hi,

Kalau berbicara mengenai fashion, trend berpakaian yang berkembang dalam masyarakat sangat cepat sekali berganti dan gaya berpakaian setiap individu juga berbeda. Belakangan ini bisnis fashion juga berkembang dengan sangat cepat, ini terbukti semakin banyaknya brand clothing baru yang bermunculan.

Sebut saja beberapa artis yang saat ini punya pekerjaan sambilan sebagai fashion designer. Namun dibalik semua itu menjadi seorang fashion designer harus memiliki minat dan kreatifitas yang tanpa batas sebagai ciri khas yang berbeda dari yang sudah ada.


Nah, beberapa waktu lalu aku bersama beberapa teman penikmat fashion dari Blogger Crony diundang untuk mengikuti Meet&Greet dan Sharing Session dengan Ririn Rinura, pendiri Ririn Rinura School of Design. Ini merupakan pengalaman baru buat aku untuk bertemu langsung dengan seorang fashion designer yang sudah cukup terkenal. Seperti apa keseruannya??

Ririn Rinura


Buat kalian yang belum mengenal siapakah Ririn Rinura, aku akan jelaskan sedikit yaa..
Ririn Rinura adalah fashion designer yang sudah berkecimpung di dunia fashion sejak tahun 2007. Ririn memang mewarisi bakat fashion dari keluarga besarnya, dan ketika masuk tahun 2009, Ririn semakin mantap untuk meneruskan karir sebagai fashion designer dengan lebih serius. Pada tahun 2010 Ririn berhasil lulus dari Lembaga Pembelajaran Tata Busana Susan Budihardjo.

Sejak tahun 2010, beliau membuat brand sendiri "Ririn Rinura" yang pada awalnya menjual baju-baju dengan model klasik, feminin dan elegan. Namun dalam perjalanannya banyak klien lebih menyukai desain baju Ririn yang glamour seperti dress pesta dan cocktail dress. Jadi hingga sekarang Ririn lebih banyak menghasilkan karya yang glamor.


Setelah 7 tahun berkiprah di dunia fashion dan memiliki banyak klien sosialita dan artis, Ririn merasa tertantang untuk membuka sekolah khusus untuk fashion designer. Berbekal pengalamannya selama ini, Ririn ingin mencoba membuka Rinura School of Design dengan pelatihan utama mengenai tata busana dan bisnis fashion.

Rinura School of Design


Rinura School of Design menyasar kalian yang ingin membuka bisnis fashion baik online, ready to wear maupun couture. Karena kebanyakan orang yang tertarik untuk belajar fashion designer adalah orang yang sebelumnya sudah punya pekerjaan atau masih kuliah, maka Ririn membuka kursus singkat bagi yang berminat menjalani bisnis fashion.

Beberapa kelebihan Rinura School of Design adalah disini kalian bisa belajar ilmu singkat menjadi fashion designer dalam bentuk seminar sehari. Peserta akan diajarkan teknik dasar menggambar design dan pola. Seminar sehari ini juga bersertifikat lho. Tapi ini hanya ilmu dasar dalam membuat design hingga tips menjaankan bisnis fashion.

Kalau mau lebih serius lagi tapi tidak punya banyak waktu, Rinura School of Design memiliki kelas singkat dengan 7 kali pertemuan yang bisa diatur sendiri waktunya (total pertemuan 56 jam). Untuk kursus singkat ini tersedia kelas reguler dan kelas privat.

Rinura School of Design juga akan membimbing muridnya untuk menemukan jati dirinya dalam menuangkan ide, sehingga murid akan memiliki ciri kahs sendiri dalam setiap design pakaian yang dibuatnya.

Ini nih beberapa yang akan diajarkan sebagai modal dasar menjadi fashion designer, yaitu:

- Menciptakan design yang menarik
- Tanggap terhadap perkembangan social
- Gaya hidup berbagai segmen
- Menganalisis pasar
- Menganalisa trend fashion
- Menangkap perhatian audiens
- Membujuk audience

Berikut adalah sylabus yang akan diajarkan jika mengambil kelas intensif selama 7 kali pertemuan:

- Fashion design
- History of fashion design
- Anatomical Basis
- Drawing technique
- Color Theory
- Quick fashion sketching
- Technical drawing
- Basic art and design
- fabric and mix and match
- Fashion style
- Business fashion
- Business fashion design
- financial management
- personal planer
- Marketing Strategy
- Fashion Advertising
- Training
- Pattern Maker and Sew
- Mini Collection
- Portfolio
- Preparing fashion show

Lengkap sekali kan yang akan diajarkan, terutama untuk kelas intensi selama 7 kali pertemuan. Diharapkan setelah 7 kali pertemuan, siswa bias membuat mini collection yang isinya 3 design baju yang sudah jadi. Bila memang siswa berbakat akan diarahkan untuk membuat collection yang akan digunakan untuk fashion show. Selain bersama Ririn Rinura, siswa akan belajar Business fashion bersama Aidil Akbar (Financial Advertiser Indonesia) serta Fashion show event bersama Wawan Soeharto (Koreografer).

Di akhir acara ini, semua blogger yang hadir diajak untuk membuat sketsa anatomi tubuh yang nantinya sebagai dasar membuat desain pakaian. Ternyata bila kita tahu rahasianya dan trick nya dalam membuat bentuk tubuh yang utuh tidak terlalu sulit lho. Walaupun memang memerlukan latihan berkali-kali. But, practice makes perfect...

Nah untuk kalian yang ingin mencoba belajar menjadi fashion designer dengan singkat, silahkan langsung menghubungi:


Rinura School of Design
Jl. Danau Laut Tawar Blok A No 61A Lt.3
Bendungan Hilir
Jakarta Pusat 10210
Telp: 021-2526909







1 comments:

  1. seru banget! jadi mau nabung untuk sekolah fashion

    ReplyDelete

Sociolla Discount Code: SBNLAL2H

I'm part of Blogger Perempuan

Blogger Babes Asia

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support
Powered by Blogger.