[SCREENING FILM] A Beautiful Planet

Hi ladies,

Happy New Year 2018!!!! 
Di postingan pertama di tahun 2018 ini aku juga pertama kalinya akan menulis blog tentang screening film. Dan bukan film sembarangan lho yang bakal aku ceritain sedikit disini karena ini adalah film dokumenter yang berhasil membuat aku merubah cara pandangku atas planet kita yang kita tinggali ini.



Aku dan beberapa teman blogger yang lain datang ke screening film A Beautiful Planet ini pada tanggal 20 Desember yang lalu di XXI Gandaria City atas undangan dari Change.org yang bekerjasama dengan Embassy of Canada in Indonesia. Film ini diputar secara exclusive di IMAX sekaligus untuk merayakan anniversary Canada yang ke 150 tahun dengan campaign #Canada150.





Sebelum memulai screening, kami para undangan yang datang dijamu dengan hangat oleh Peter MacArthur selaku Duta Besar Canada di Indonesia. Beliau menjelaskan mengenai betapa Canada dan Indonesia memiliki hubungan internasional yang sangat baik dan saling mendukung baik dalam bidang infrastruktur, pendidikan, peralatan militer bahkan hingga ke dunia entertainment dengan mendatangkan teknologi IMAX di Indonesia.





Kembali mengenai film A Beautiful Planet, film dokumenter ini dinarasikan oleh pemenang Academy Awards, Jennifer Lawrence. Film ini menyajikan sudut pandang berbeda tentang bumi yang belum pernah disaksikan sebelumnya dari luar angkasa.
Film ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kita yanglebih baik tentang planet dan galaksi kita tercinta.

Dibuat atas kerjasama IMAX Entertainment dan National Aeronautics and Space Administration (NASA), film ini menampilkan gambar-gambar planet biru kita yang indah dan dampak yang ditimbulkan manusia terhadapnya yang direkam selama 15 bulan oleh para astronot di International Space Station (ISS). ISS merupakan laboratorium riset serta fasilitas pelatihandan balai pengamatan yang dibangun di orbit oleh 16 negara dan menggunakan tenaga surya.


Dari luar angkasa, Bumi kita terlihat biru dengan perpaduan hijau yang sangat indah, namun di beberapa bagian bumi terlihat lapisan es mulai berkurang, mulai berubah berwarna hitam dan meleleh seperti pada area Greenland. Ini mungkin karena perubahan iklim yang tidak bisa diprediksi akibat meningkatnya polusi dan berbagai perilaku manusia yang kurang merawat bumi tercinta.


Pada malam hari, Bumi terlihat berkilauan dengan intensitas listrik yang sangat tinggi dari perambahan manusia. Kita bisa melihat kota-kota dan negara-negara besar menggunakan tenaga listrik sangat besar yang membuat bumi terlihat berkilau dari pesawat ruang angkasa ISS.


Perubahan iklim dan kondisi bumi juga ditunjukkan oleh penggundulan hutan di Madagaskan dan Mexico. Area yang tadinya hijau dan indah berubah menjadi warna coklat tandus bahkan terlihat beberapa kerak seperti tanah yang pecah di beberapa titik.

Sungguh melihat kondisi bumi kita saat ini sangat memprihatinkan, mungkin kita tidak terlalu merasakan karena kita hanya sebagian kueecciillllll dari luasnya semesta ini, tapi ketahuilah bahwa semuanya dibawaj kendali kita untuk bisa melindungi planet ini untuk anak cucu dan keturunan kita selanjutnya.

Mungkin aku dan sebagian blogger yang menonton A Beautiful Planet ini hanyalah secuil manusia yang melihat bukti nyata bagaimana bumi berubah dan menjadi tua dengan sangat cepat. Namun bila kita bisa berdiri untuk perubahan mengapa tidak, seperti yang aku lakukan belakangan ini mulai mengurangi limbah kertas dam plastik. Kembali menggunakan sabun batangan untuk mengurangi limbah kemasan tidak terpakai.

Selain itu manfaatkan Earth Hour dengan mematikan tenaga listrik yang tidak terlalu dibutuhkan di rumah. Menggunakan listrik dan air dengan bijaksana, kalau dilakukan bersama-sama pasti hasilnya juga akan luar biasa.

Di acara ini juga hadir Nina Tamam yang menceritakan usahanya mengurangi penggundulan lahan sawit dengan menggunakan body care yang bebas minyak sawit dan tidak menggunakan minyak sawit sebagai minyak goreng sehari-hari.

Sayang sekali film ini memiliki copyright sehingga tidak bisa disebarluaskan dengan sembarangan, namun kalau kalian bisa membaca postinganku ini dan mencoba memcari tahulebih banyak melalui trailer nya disini, membaca lebih banyak tentang film ini akan membuka mata kita bahwa semakin kita menjelajahi dan mengetahui banyak hal tentang bumi dan galaksi ini, kita akan mendapat hubungan yang lebih dalam tentang rumah tinggal kita, bumi kita tercinta.

Baiklah, sampai disini dulu ya screening film yang sangat bermanfaat dan membuka mata kita dan aku sangat mengapresiasi kerja para astronot yang sangat keras untuk tetap bertahan selama 6 bulan di dalam ISS.


Dan jangan lupa untuk cintai bumi ini karena bumi kita hanya satu dan ini akan digunakan juga untuk generasi penerus kita, anak, cucu dan semua orang yang hidup diatasnya.





18 comments:

  1. Keknya ini film boleh juga buat referensi nonton..Cocok buat anak-anak jugakah Mba Anita Maya? Kalo cocok tak bawa anak-anak hangout. Haha...

    ReplyDelete
  2. ahh selalu suka sama film dokumenter yg berbau lingkungan.. thanks infonya yaaa..

    ReplyDelete
  3. Kasihan nasib bumi jika manusia terus mengeksploitasi alam secara berlebihan.

    ReplyDelete
  4. Semoga bisa ditonton lebih banyak orang lagi ya, Mbak. Kadang kita perlu dibukakan matanya dengan melihat film dokumenter seperti ini.

    ReplyDelete
  5. Film yang menarik, menolak teori flat earth ya...

    ReplyDelete
  6. Film yg recommended, smoga bs nonton

    ReplyDelete
  7. Keren ya filmnya jadi penasaran pingin nonton.

    ReplyDelete
  8. Penasaran pingin nonton pilemnya euy.

    ReplyDelete
  9. Kemarin pas ada undangan ini sebenarnya pengen ikutan nonton kayaknya seru. Tapi gak jadi krn jamnya malem dan jauh pulak :(

    ReplyDelete
  10. Aku belom nonton nih...btw ini bisa ditonton sama anak-anak kan ya?

    ReplyDelete
  11. Kayaknya asyikjuga nonton film dokumenter

    ReplyDelete
  12. Kayaknya film ini hampir sama dengan film An Convinient Sequel nya Al Gore. Membahas tentang kondisi bumi saat ini. Aku suka banget nonton film dokumenter kayak gini. Ilmunya dapet banget.

    ReplyDelete
  13. waaah wajib tonton ini ... sebagai fans national geography dan discovery channel, ini film documentary wajib tonton banget.

    ReplyDelete
  14. Ah jadi pengen nonton film ini juga. 😎

    ReplyDelete
  15. Waah kayanya bagus ya filmnya Ci May, wajib banget nih nonton film yang genre-nya seperti ini biar kesadaran akan pentingnya menjaga bumi semakin terpupuk yaa.

    ReplyDelete
  16. Wahhh, suka banget ama film2 dokumenter kayak gini deh, apalagi nontonnya di IMAX makin megah suguhan tayangannya :)

    ReplyDelete
  17. Our eatery administrations for good, the quantity of staff recently delegated in client administrations.laughing planet bloomington

    ReplyDelete

Sociolla Discount Code: SBNLAL2H

I'm part of Blogger Perempuan

Blogger Babes Asia

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support
Powered by Blogger.