Bersama teamLab Future Park dan IOP, Kita Bantu Cegah Kepunahan Hewan Laut di Indonesia

Nenek moyangku, seorang pelaut..
Gemar mengarung luas samudera..

Kenal dengan penggalan lagu tersebut? Lagu tentang Indonesia, yang merupakan sebuah negara kepulauan dengan luas lautan mencapai 70% dari total luas wilayahnya, menjadikan negeri kita tercinta ini sebagai Negara Maritim. Komoditi terbesar kita ada di laut, bahkan kekayaan hayati dan beberapa jenis hewan laut endemik yang sangat langka hidup di perairan negara kita. Bangga, tentu donk! Tapi tahukah kalau kelangsungan hidup binatang laut kita terancam punah?



Beberapa hari yang lalu, aku menghadiri konferensi pers dalam merayakan Hari Binatang Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Oktober yang lalu. Konferensi yang diadakan oleh Sorak Gemilang Entertainment (SGE Live) ini berkat kolaborasi dengan Indonesian Ocean Pride yang didirikan oleh Hamish Daud. Seperti kalian ketahui, SGE Live berhasil mendatangkan teamLab Future Park hadir ke Jakarta dimana instalasi ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat Indonesia dan anak-anak untuk mengetahui betapa pentingnya merawat bumi kita beserta hewan dan tumbuhan demi kelangsungan hidup kita sebagai manusia.

Pada acara ini, hadir sebagai narasumber yaitu Hamish Daud sebagai pendiri Indonesian Ocean Pride (IOP) dan Ibu Mervi Sumali selaku Chief Executive Officer SGE Live. 

Ibu Mervi menjelaskan bahwa teamLab Future Park menghadirkan instalasi digital tentang kehidupan hewan khususnya hewan laut yang beberapa diantaranya terancam punah seperti Hammerhead Shark, Tuna Sirip Biru (Blue Fin Tuna) dan Pari Manta (Manta Ray). Disini, pengunjung juga diajak untuk menjaga kelestarian laut dari hal yang sederhana seperti mengurangi sampah plastik, serta membuang sampah pada tempatnya agar tidak sampai mencemari lautan.


Menurut Hamish, sampah kita berdampak besar pada kebersihan laut. Masih ingat kan dengan bungkus Indomie yang sudah berusia hampir 30 tahun masih mengambang di laut serta kasus penyu yang hidungnya tertusuk sedotan plastik? Dua dari sekian kasus tentang sampah laut yang sempat viral ini membuktikan bahwa apapun yang kita buang akan berdampak pada ekosistem laut. Pencemaran laut akan berdampak paling besar pada hewan bersel satu seperti plankton. Plankton yang mati sangat mempengaruhi pembentukan oksigen dan rantai makanan hewan laut lainnya. Jadi bisa dibayangkan kalau kita tidak menjaga kebersihan laut ini, bagaimana nasib anak cucu kita di tahun-tahun mendatang. mungkin beberapa hewan laut seperti Blue Fin Tuna dan Manta Ray tadi hanya bisa kita lihat secara digital saja seperti dalam teamLab Future Park.



Dari sini IOP dan SGE Live menjalin kerjasama untuk membuat merchandise yang hanya dijual sampai 11 November 2109 berupa kaos dengan gambar beberapa ikan laut Indonesia yang terancam punah, gambar ini diwarnai langsung oleh Hamish lho. Nantinya seluruh hasil penjualan merchandise ini akan disumbangkan untuk pelestarian taman laut yang digagas oleh tim dari IOP. Kalau kalian tertarik untuk ikut dalam kampanye ini, kalian bisa membeli minimal 2 tiket teamLab Future Park untuk dapat membeli maksimal 2 tanda mata tersebut secara pre order.

Merchandise dari SGE Live dan IOP ini tersedia dalam 3 pilihan gambar, yaitu Blue Fin Tuna, Hammerhead Shark, dan Humphead Parrotfish. 3 hewan laut tersebut merupakan 3 dari sekian hewan laut yang terancam punah.

Ngobrol sedikit yuk, tentang hewan-hewan tersebut, Blue Fin Tuna sudah pasti tidak asing lagi bagi kalian penggemar sushi karena ini adalah jenis tuna yang paling enak, premium dan harganya pun cukup mahal. Penangkapan liar Blue Fin Tuna di sekitar Samudera Atlantik sudah diluar batas sehingga populasi Blue Fin Tuna sudah jauh sekali berkurang.

Hammerhead Shark, salah satu binatang laut favorit anakku nih, dia adalah predator puncak yang memegang peranan penting bagi kesehatan ekosistem lautan. Bisa dibayangkan kalau populasinya punah, maka binatang laut lainnya tentu juga akan terkena dampaknya.

Humphead Parrotfish merupakan ikan terumbu terbesar dengan berat mencapai 50kg! Ancaman utama baginya adalah pemburuan dan penangkapan ikan massal dengan merusak terumbu karang yang merupakan habitat alami mereka.

Di teamLab Future Park and Animals of Flowers, Symbiotic Lives kita bisa membawa anak-anak untuk bisa mengenal simbiosis alam dari tumbuhan, hewan serta binatang laut dengan cara yang menyenangkan. Salah satu instalasinya adalah Sketch Aquarium dimana pengunjung bisa memilih salah satu gambar hewan laut dan kemudian mewarnainya sesuai dengan imajinasi. Tidak hanya sampai disitu, pengunjung bisa scan gambar tersebut dan otomatis binatang yang diwarnai tadi bisa hidup dan berenang di akuarium digital raksasa dan bisa lari jika kita sentuh seperti layaknya ikan secara nyata! 



Ga nyesel deh kalau datang ke teamLab Future Park apalagi kalu bisa membawa serta seluruh keluarga, dan jangan lupa beli juga merchandise nya sebagai bukti nyata bahwa kita juga peduli akan kelestarian ekosistem laut kita. Selain itu, kurangi juga sampah plastik yah!


teamLab Future Park
Gandaria City Mall Lantai 2


Baiklah sampai disini dulu ceritaku, sampai jumpa di postingan berikutnya.


2 comments:

  1. Hapah ada Hamish Daud baiklah, sungguh acara yang berkesan pastinya ya bu haha... Btw merchandisenya baru tau kalo ada :)

    ReplyDelete
  2. kaosnya lucu banget yaa. wah coba aku tinggal di Jakarta bisa ke sana deh

    ReplyDelete

Sociolla Discount Code: SBNLAL2H

I'm part of Blogger Perempuan

Blogger Babes Asia

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support
Powered by Blogger.