Thursday 16 December 2021

Maksadis; Emak-Emak Sadar Bisnis, Mendulang Cuan Di Rumah Saja Bersama K-Mart

Pekerjaan sebagai ibu rumah tangga kerap dianggap sebelah mata, padahal nyatanya sebagai ibu rumah tangga kita memiliki segudang tanggung jawab dari mengurus suami, anak dan rumah kita juga wajib paham dalam menangani berbagai urusan domestik rumah tangga. Selain urusan domestik tersebut, emak-emak a.k.a Ibu Rumah Tangga juga harus paham literasi keuangan. Paham mengelola uang dalam rumah tangga bahkan kalau bisa menambah pemasukan keluarga.

Akupun menyadari, hidup di kota besar kadang memang butuh tambahan pemasukan dari istri. Apalagi di masa pandemi dimana data dari Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 lalu mencatat bahwa ada 30juta UMKM bangkrut dan 10 juta pengangguran baru karena PHK. Oleh karena itu, sudah saatnya emak-emak mulai sadar bisnis untuk membantu perekonomian keluarga.



Saat ini emak-emak milenials di rentang usia 25-39 tahun menjadi sasaran program Ekonomi Kreatif Digital, oleh karena itu ada program Makpreneur dari Akademi InspiRadzi yang berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif meluncurkan program Maksadis (Emak-emak Sadar Bisnis). Acara ini digelar dalam bentuk talkshow bersama Pak Radzi Saleh selaku founder aplikasi K-Mart dari K-Link, kemudian ada juga Mas Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dan Pemain Sinetron dan Selebgram Shireen Sungkar.

Acara ini digelar pada tanggal 10 Desember 2021 yang lalu, dan berlokasi di Ballroom K-Link Tower. Acara yang cukup meriah dan dipadati oleh member dari Makpreneur yang siap belajar bersama para mentor dan narasumber yang berpengalaman, bahkan ada juga beberapa cerita sukses dari Makpreneur yang sudah mencapai level tinggi dalam bisnis K-Link.


Jadi, Makpreneur dari Akademi InspiRadzi ini metupakan program pemberdayaan bagi sekelompok emak-emak yang digagas langsung oleh Bapak Radzi Saleh sebagai sarana emak-emak bisa mendapatkan komunitas dan bisnis untuk membantu ekonomi keluarga namun tanpa meniggalkan tanggung jawabnya sebagai ibu rumah tangga.

Dalam Makpreneur ini para emak-emak diajak untuk maju bersama dan terus mendapatkan motivasi supaya memiliki daya juang tinggi. Salah satunya dengan menjadi member bisnis jaringan K-Link yang merupakan distributor produk dan suplemen kesehatan dan kecantikan.

Makpreneur juga membekali para emak-emak dengan berbagai materi penting seperti personal branding, strategi marketing melalui media sosial, menjadi konten creator dan penulisan konten. Pelatihan ini juga menggunakan modul yang sudah teruji, sehingga bisa dibilang bahwa komunitas Makpreneur ini dari emak untuk emak. Saling mendorong emak-emak lain untuk bisa meraih keberhasilan bersama-sama.



"Program Makpreneur bermaksud memberikan kesempatan kepada emak-emak di seluruh Indonesia untuk mulai berbisnis online bersama K-Link dengan aplikasi Kmart. Sehingga emak-emak bisa menjalankan bisnis dengan penghasilan yang besar sambil momong anak di rumah," kata Pak Radzi Saleh.

Sandiaga Uno juga berpendapat sama, bahwa tanggung jawab utama emak-emak adalah menjadi istri dan ibu namun akan lebih baik jika emak-emak bisa membantu pendapatan keluarga dengan Maksadis (Emak-emak Sadar Bisnis) seperti halnya Makpreneur ini.

Menurut Shireen Sungkar, emak-emak merupakan konsumen sekaligus marketer yang baik. Apabila sudah menyukai sebuah produk, maka emak-emak akan mereview dan melakukan ajakan teman-temannya supaya ikutan membeli produk tersebut. Sosok seorang emak atau ibu rumah tangga bukan hanya sosok vital dalam rumah tangga namun juga memiliki multi peran dan multi talenta yang cekatan, terampil dan pastinya akan lebih baik jika bisa mengelola keuangan dan memiliki bisnis sendiri untuk meningkatkan ekonomi keluarga.

Menjadi Makpreneur bisa dibilang memiliki waktu kerja yang fleksibel sehingga banyak emak-emak tertarik menjalankan bisnis jaringan K-Link. Di jaman serba canggih sekarang untuk memulai dan menjalankan bisnis jaringan sudah menjadi sangat mudah dan praktis, dalam hal ini K-Link memiliki aplikasi Kmart untuk mempermudah member dan konsumen dalam membeli produk dari rumah saja. 

Tidak hanya untuk berbelanja, namun aplikasi Kmart juga dilengkapi dengan layanan konsultasi dokter. Beberapa kelebihan aplikasi Kmart:
1. User friendly dan sangat mudah digunakan juga oleh emak-emak.
2. Informasi seputar kesehatan yang up-to-date.
3. Praktis dan aman.
4. Fitur layanan konsultasi dokter MyDoc yang lengkap, tidak hanya dokter umum namun ada juga dokter kulit dan kecantikan, weight management, gizi, serta keharmonisan rumah tangga.

Kmart juga memiliki event corporate social responsibility dimana tahin 2021 ini Kmart mendukung Palang Merah Indonesia sebagai institusi sosial yang menjadi garda depan bagi program kemanusiaan di Indonesia. Oleh karenanya, acara talkshow Maksadis kali ini ditutup dengan penyerahan donasi dari Kmart untuk PMI yang berupa 1 unit kendaraan operasional yaitu Innova Venturer.


Kmart mengarapkan dengan bantuan ini bisa semakin mendukung kelanjaran program PMI untuk masyarakat Indonesia. Bapak Radzi Saleh memberikan kunci simbolis kepada Bapak Rustam Effendi selaku ketua PMI dan disaksikan juga oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.



Dengan penyerahan kunci tersebut berakhir pula acara talkshow Maksadis. Dan jika kalian para emak-emak yang setelah membaca blogpost ku ini jadi tertarik untuk bergabung menjadi Makpreneur, caranya gampang banget koq, emak tinggal klik link https://bit.ly/joinemakpreneur dan langsung download aplikasi Kmart di smartphone kalian ya..

Baiklah, sampa disini dulu blogpost ku kali ini semoga bisa menggugah jiwa bisnis para emak semua.. Sampai jumpa di blogpost ku selanjutnya.. 






No comments :

Post a Comment

Back to Top