[FAMILY and PARENTING] Yuk, Kenali Berbagai Jenis Kecerdasan Anak Sejak Usia Pra-sekolah

Hi moms,

Memiliki seorang anak adalah sebuah kebanggaan dan kebahagian bagi pasangan suami istri. Dan pastinya semua orang tua sangat ingin memiliki anak yang sehat dan cerdas. Makanya, sejak menjadi orang tua aku dan suami sangat senang mengikuti dan memantau perkembangan dan pertumbuhan anak semata wayang kami, Deston Marvelle (5 tahun 11 bulan). Rasanya setiap milestone yang dilewati adalah sebuah loncatan besar dalam perkembangannya baik secara fisik, psikis dan sosialnya.

Walaupun aku mengenyam pendidikan Psikolog Perkembangan Anak tapi rasanya ilmu yang aku dapat masih saja kurang untuk bekal mendidik Deston. Makanya, aku senang sekali saat beberapa waktu lalu aku diundang oleh Clozette Indonesia dan Parenting Club untuk datang ke acara Talkshow "Kenali Perilaku Anak di Usia Pra Sekolah".

14 September 2017, Harlequin Bistro


Yeayy.... hari yang ditunggu akhirnya datang, Deston super excited karena boleh ikut dan akan ada kids activity di acara tersebut.
Sampai disana, Deston langsung masuk ke area bermain  yang memang disediakan oleh Harlequin Bistro. Konsep restaurant yang ramah anak dan lengkap dengan berbagai area permainan yang aman dan nyaman untuk anak-anak. Boleh nih, jadi pilihan weekend bersama keluarga.

Nah, selama anak-anak bermain, para mommy diajak ke ruang utama resto untuk mengikuti talkshow. Jadi tenang deh bisa menyimak talkshow dengan baik tanpa ada rewelan si kecil. Hihihi..


Narasumber talkshownya ada Mommy Ayudia (seleb-mom), dr Rini Sekartini (dokter spesialis anak), dan Kak Budi Haha (Indonesian Ventriloquist)


dr. Rini Sekartini menjelaskan mengenai usia emas seorang anak yaitu di usia 0-5 tahun, di usia tersebut perkembangan anak terjadi secara sangat pesat baik dari segi fisik, akal dan sosial. Di usai pra-sekolah tersebut otak seorang anak diibaratkan seperti spons yang mampu menyerap semua informasi dan rangsangan dari orang tua dan lingkungannya.


Mommy Ayudia menceritakan kalau Sekala memiliki nilai kecerdasan musikal yang tinggi sebagai bukti lingkungan dan orang tuanya yang memnag kebanyakan suka bermain musik.


Perkembangan seorang anak juga sangat dipengaruhi oleh kasih sayang yang diberikan oleh kedua orang tua serta lingkungannya, stimulasi yang diterima si kecil dan juga nutrisi selama tumbuh kembang.


dr. Rini berkata bahwa untuk anak usia pertumbuhan (dibawah 12 tahun) tidak perlu ada pantangan makanan keculai memang disarankan oleh dokter karena gangguan kesehatan tertentu. Penuhi gizi si kecil termasuk sayur, buah dan susu. Dengan badan yang sehat tentunya aktivitas bermain dan belajar akan lebih maksimal. 

Kak Budi Haha sebagai ahli ventriloquist mengajak para mommy dan daddy yang hadir untuk selalu katif dalam memberikan rangsangan pada anakd an mengembangkan kemamapuan motorik serta bicara anak dengan emnggunakan permainan yangs eru seperti bercerita, melanjutkan cerita, atau bermain peran dan bermain rumah-rumahan. Ternyata permainan simple seperti itu mampu mengasah kemampuan dan kecerdasan anak lho.


Kak Budi juga mengajarkan cara merubah kaos kaki menjadi boneka tangan untuk bercerita bersama si kecil.


Kecerdasan Anak 

Kecerdasan anak yang satu juga berbeda dengan anak yang lain, jadi orang tua juga harus peka dengan hal ini. Bahkan walaupun kaka beradik tetap saja setiap anak #PintarnyaBeda jadi JANGAN MEMBANDINGKAN anak anda dengan kakak/adiknya apalagi dengan orang lain.

Berbicara mengenai kecerdasan anak, ternyata kecerdasan juga memiliki beberapa jenis tipe yang bisa mommy ketahui dengan menggunakan Smart Strength Finder. Jadi, Smart Strength Finder adalah tool yang dirancang oleh Thomas Armstrong, Ph. D yang dapat membantu para orang tua  mengenali kepintaran si Kecil. Cara menggunakannya juga mudah tinggal buka disini. Nanti mommy tinggal menjawab saja 40 pertanyaan yang sesuai dengan perilaku si kecil sehari-hari.

Nah, beberapa tipe kecerdasan tersebut dibagi menjadi 3 kategori besar yaitu:
1. Akal: Number Smart, Word Smart, Picture Smart, dan Music Smart
2. Fisik: Nature Smart dan Body Smart
3. Sosial: Self Smart dan People Smart

Kenali Minat Si Kecil

Setelah mengetahui jenis kecerdasan yang dimiliki si kecil, maka akan lebih memudahkan kita sebagai orang tua untuk memberikan arahan yang tepat sesuai minat anak.

Aku mencoba Smart Strength Finder Tool untuk mengetahui kecerdasan apa yang menonjol dari anakku Deston. Setelah menjawab semua pertanyaannya muncullah hasil seperti ini.

 

Ternyata Deston memiliki kecerdasan yang unggul untuk Number Smart, pantas saja Deston selalu mendapat nilai yang memuaskan di bidang pelajaran Matematika. Berhunung Deston juga sudah kelas 1 SD, jadi ada baiknya aku juga mengarahkan Deston untuk mengikuti pelajaran tambahan atau les secara khusus di bidang matematika. Dan memang sudah beberapa bulan ini Deston sendiri yang meminta untuk ikut les matematika atau les robotik.

Sebagai masukan juga untuk para mommy, jangan pernah memaksakan anak untuk menjadi seseorang yang kita mau tapi biarkan dia memiliki minat sendiri dan tugas kita hanyalah menuntunnya menjadi lebih baik. Aku juga tidak pernah memaksa Deston untuk ikut les matematika tapi emmang Deston yang meminta sendiri, jadi ya aku ikutin saja untuk mengembangkan minat dan bakatnya.


Okey mom, sampai disini dulu ceritaku tentang menenali minat dan kesiapan anak untuk memasuki dunia sekolah serta tips untuk mengetahui tipe kecerdasan si kecil. Jangan lupa kunjungi dan ikuti social media Parenting Club untuk mengetahui informasi tumbuh kembang si kecil dan untuk tahu lebih banyak tentang kegiatan yang diadakan oleh Parenting Club di kotamu.

Parenting Club
https://www.parentingclub.co.id/

See you on my next post...

 

0 comments:

Post a Comment

Sociolla Discount Code: SBNLAL2H

I'm part of Blogger Perempuan

Blogger Babes Asia

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support
Powered by Blogger.