Monday 14 February 2022

Bebas Jerawat Dengan Rintik Skincare Acne Series Face Oil

Kulit yang sehat dan bebas dari masalah tentu berhubungan erat dengan skin barrier yang kuat. Belakangan sering sekali kita mendengar istilah skin barrier, tapi apakah kalian tahu apa sih sebenarnya skin barrier itu? Jadi, skin barrier merupakan lapisan terluar kulit atau biasa kita kenal dengan lipid. Skin barrier ini sangat rentan mengalami kerusakan, biasanya akibat terlalu lama terpapar sinar matahari atau penggunaan zat kimia pada kosmetik yang terlalu keras. Bila skin barrier ini rusak, maka kulit akan mudah sensitif, kemerahan, rentan berjerawat, bahkan yang paling parah adalah kerusakan sel kulit.

Nah, untuk menghindari hal ini kita butuh skincare dengan bahan natural yang lebih aman dan mampu memelihara skin barrier dengan baik. Salah satunya adalah skincare dengan kandungan natural oil seperti facial oil agar kelembaban dan kesehatan skin barrier tetap terjaga. Beberapa diantara kalian, terutama kalian yang memiliki kulit berminyak, pasti akan berpikir bahwa facial oil akan membuat kulit kalian semakin berminyak. Jawabannya tentu tidak! Asalkan pilih kandungan natural oil yang tepat.




Manfaat Face Oil


Beberapa kandungan yang ada dalam natural essential oil adalah Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Antioksidan yang tinggi, Anti-microbial, Anti-bacterial serta Anti Inflamasi. Penggunaan Face Oil sebagai rangkaian skincare bisa bermanfaat untuk:

1. Lock, untuk mengunci kelembaban kulit dan mengunci rangkaian skincare dengan baik agar bisa bekerja dengan maksimal.

2. Protect, face oil terbukti mampu menghadang dan melindungi kulit dari polusi udara dan radikal bebas.

3. Nourish, untuk memberikan nutrisi dan merawat kelembaban alami kulit serta memperkuat skin barrier.


Walaupun face oil memiliki banyak manfaat, tapi jangan sembarangan memilih bahan dasar face oil yang akan kalian gunakan ya. Tentu kalian harus pintar-pintar memilih kandungan face oil yang sesuai dengan jenis kulit kalian. 


Misalnya kalian yang punya kulit kering sebaiknya memilih face oil dengan kandungan asam oleat seperti lavender oil, rosehip oil. Sedangkan jika kalian memiliki kulit berminyak, gunakan face oil yang cenderung lebih ringan (dry oil) seperti face oil dengan kandungan grapeseed oil, soybean oil, safflower oil atau teatree oil.


Fyi, kulitku termasuk kulit berjenis kombinasi cenderung kering namun mudah berjerawat. Jadi, buat kalian yang berjerawat tapi penasaran dengan face oil kalian datang ke blog yang tepat karena aku akan membahas face oil yang aman buat kulit berjerawat dan berminyak yang belakangan ini aku pakai yaitu, Rintik Skincare Face Oil.


Sekilas tentang Rintik Skincare



Rintik Skincare terinspirasi dari penggunaan bahan natural sebagai rahasia perawatan kulit. Salah satu produk unggulannya adalah Face Oil yang terbuat dari ekstrak tumbuhan yang mampu mengatasi permasalahan kulit. 


Rintik Skincare percaya bahwa perawatan kulit dengan bahan natural tentu lebih aman untuk menjaga kesehatan skin barrier. Seperti body mobil yang melindungi seluruh bagian mesin mobil, begitulah cara kerja face oil untuk membantu memperbaiki skin barrier sehingga mampu lebih efektif melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan blue light dari gadget kita yang mampu memicu berbagai macam permasalahan kulit.


Saat ini Rintik Skincare memiliki 4 jenis face oil yang bisa kalian pilih sesuai dengan kondisi dan jenis kulit kalian, ada RB+ Nourish Face Oil (for Vital Glow), Jolla Silky Face Oil (for Clogged Pores), Acne Oily Fight Face Oil (for Acne Prone Skin) dan Acne Treatment Face Oil (for Pimples).


Karena permasalahan kulit yang aku alami saat ini adalah jerawat jadi aku mencoba 2 jenis face oil dari Rintik Skincare Acne Series Face Oil yang terdiri dari Acne Oily Fight Face Oil dan Acne Treatment Face Oil. So, yuk langsung aja kita bahas masing-masing produk yang aku pakai ya..


Rintik Skincare - Acne Oily Fight Face Oil


Varian ini cocok digunakan untuk kalian yang memiliki kulit berminyak, masalah kulit berjerawat, bekas jerawat dan acne prone skin karena klaim pada kemasannya tertulis mampu membantu merawat wajah berjerawat dan membuat wajah tampak lebih sehat dan lembab.


Komposisi utama Rintik Skincare Acne Oily Fight Face Oil ini adalah:

- Grapeseed Extract, atau minyak biji anggur yang kaya akan senyawa fenolik, asam lemak dan vitamin C dan E untuk antioksidan dan anti inflamasi. Kandungan dalam grapeseed oil ini mampu mengontrol kadar air dan minyak di lapisan luar kulit, membantu mengurangi peradangan kulit dan membantu mempercepat proses penyembuhan bekas luka atau bekas jerawat.


- Teatree Oil, minyak ini dihasilkan dari penyulingan daun pohon teh yang tumbuh di pantai tenggara Australia. Kandungan dalam teatree oil seringkali digunakan untuk alternatif natural dari Benzoil Peroksida yang sudah terkenal ampuh mengobati jerawat. 


- Grapefruit Oil, minyak yang terbuat dari ektrak kulit jeruk Bali ini memiliki aroma yang khas untuk relaksasi. Kandungan di dalamnya adalah Alpha Hidroxy Acid (AHA) alami yang sangat bagus untuk detoksifikasi kulit. Kemudian ada kandungan asam salisilat (Salicylic Acid) untuk menjaga kesehatan pori-pori dan Vitamin C sebagai antioksidan yang membantu melawan peradangan.


Sehingga bisa disimpulkan bahwa Rintik Acne Oily Fight Face oil ini memiliki berbagai manfaat seperti, mengurangi minyak berlebih, mengurangi peradangan, mencegah timbulnya jerawat baru, menghaluskan kulit, membersihkan pori-pori, meratakan warna kulit, dan mengkal radikal bebas penyebab masalah kulit dan kulit kusam.


Kemasannya box nya berwarna hijau muda, sedangkan kemasan produknya berupa botol dengan aplikator pipet. Teksturnya cenderung cair berwarna bening. Ada sedikit aroma wangi citrus mungkin karena kandungan grapefruit oil nya. Jadi menurutku wanginya relaxing karena asli dari essential oil bukan karena tambahan pewangi.


Aku biasanya menggunakan Rintik Acne Oily Fight Face Oil ini setiap pagi, aku gunakan di tahap terakhir skincare sebelum menggunakan sunscreen dan makeup. Menurutku teksturnya cukup ringan dan tidak membuat kulit terasa greasy. Cukup gunakan 1-2 tetes saja untuk seluruh wajah.

So far, aku merasa kulit wajah jadi lebih lembab, bekas jerawat juga memudar dengan lebih cepat serta hasil makeup juga terasa lebih nempel dan ada efek glowing alami. 





Rintik Skincare - Acne Treatment Face Oil


Varian ini cocok buat kalian yang memiliki jerawat aktif, pori-pori yang besar, dan whiteheads. Pada kemasannya tertulis bahwa varian ini digunakan untuk membantu merawat kulit yang berjerawat dan mengurangi kemerahan akibat jerawat serta membantu membuat kulit wajah tampak lebih sehat dan bersih.


Komposisi utama Rintik Acne Treatment Face Oil adalah:

- Black Cumin / Jintan Hitam / Temu Ireng, dikenal sejak jaman Cleopatra bahwa black cumin ini mampu membantu menyamarkan noda hitam dan mampu meregenerasi kulit. Selain itu black cumin juga berperan sebagai anti-inflamasi dan antioksidan untuk mencegah timbulnya jerawat.


- Soy Oil, minyak dari ekstrak kedelai yang kaya akan Vitamin E, Omega 3 dan Omega 6 serta Isoflavon. Perpaduan kandungan tersebut mampu membantu mengunci kelembaban kulit, mengurangi peradangan dan menghaluskan kulit.


- Cajuput Oil, terkenal akan kandungan anti-inflamasi yang membantu mencegah infeksi pada kulit berjerawat. Bahkan cajuput oil juga bagus digunakan untuk menyamarkan bekas luka dan psoriasis. Walau begitu, jangan sekali-kali langsung mengoleskan minyak kayu putih yang ada di rumah (yang untuk perut kembung itu) langsung ke kulit wajah ya karena cajuput oil untuk wajah kandungannya sangat kecil dan harus menggunakan minyak pencampur (carrier) dengan bahan essential oil lain sehingga aman di kulit wajah.


Kalau bisa disimpulkan, maka manfaat Rintik Acne Treatment Face Oil adalah untuk membantu mengontrol minyak berlebih, meredakan kemerahan, membantu mempercepat regenerasi kulit, menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.


Kemasannya box nya berwarna biru muda, sedangkan kemasan produknya berupa botol dengan aplikator pipet. Teksturnya cenderung cair berwarna kekuningan. Ada sedikit aroma wangi seperti minyak telon karena mengandung cajuput oil. Saaat pemakaian awal aku mearsa sedikit anek dengan aromanya tapi lambat laun aku mulai bisa menikmati karena aromanya tidak terlalu strong dan cukup menenangkan.


Aku gunakan Rintik Acne Treatment Face Oil ini setiap malam hari, terutama jika sedang ada jerawat aktif aku oleskan juga sedikit sebagai spot jerawat supaya lebih cepat kempes. Dan memang terbukti biasanya dalam 2 hari jerawat akan langsung matang dan lebih cepat sembuh. 


Menurutku, Rintik Acne Treatment ini sedikit terasa lebih berat dibanding yang Rintik Acne Oily Fight sehingga aku hanya gunakan untuk malam hari saja, sekalian supaya bisa bekerja lebih maksimal sepanjang malam dalam menyembuhkan jerawat.


Overall, aku sudah pakai 2 macam face oil dari Rintik Skincare Acne Series Face Oil ini selama kurang lebih hampir 1 bulan dan aku merasa jerawat lebih cepat sembuh serta benar-benar mengurangi kemerahan saat jerawat sedang aktif. Kulit terasa lebih lembut, halus dan sehat, kira-kira seperti ini before-after aku menggunakan Rintik Skincare Acne Series Face Oil,



Jadi kalau kalian punya kulit berminyak dan berjerawat, jangan takut pakai face oil yah tapi pastikan kalian memilih face oil dengan kandungan essential oil yang tepat supaya hasilnya juga lebih baik. Baklah sampai disini dulu reviewku tentang Rintik Skincrae Face Oil, semoga postingan ini bermanfaat untuk klian. Sampai jumpa di blogpost ku selanjutnya ya..


Untuk kalian yang penasaran dengan produk-produk dari Rintik Skincare, kalian bisa kunjungi website atau social medianya disini:


Rintik Skincare

https://www.rintik.co.id/

Instagram: https://www.instagram.com/rintik.skincare/









No comments :

Post a Comment

Back to Top