[FOOD] Cooking Demo - Memasak Lebih Praktis Dengan Oxone

Hi ladies,

Memasak adalah salah satu hobby ku yang seringkali menjadi caraku untuk menghilangkan kejenuhan. Biasanya aku lebih memilih memasak masakan Barat atau Itali karena bahan-bahan yang simple dan mudah dalam memasaknya. Kalau masakan khas Indonesia aku lebih suka makan, karena ada beberapa resep yang punya bahan banyak sekali meskipun rasa makanan daerah Indonesia enak sekali.



Tapi di tanggal 21 April yang lalu, aku excited sekali untuk datang ke acara Cooking Demo bersama C-Channel Indonesia, Chef Eddrian Tjia dan Oxone. Chef Eddrian akan mendemokan cara memasak makanan khas dari Bangka yaitu Lempah Kuning, Bujan dan Juice Sehat ala Oxone.

Tentang Oxone


Oxone merupakan brand lokal yang menyediakan peralatan dapur dan rumah tangga berkualitas sejak tahun 2001. Dengan produk yang lengkap dan harga terjangkau, Oxone mendedikasikan produknya untuk koki rumahan atau ibu rumah tangga yang senang memasak untuk keluarga tercinta. 

Oxone memiliki tagline “Oxone Homemade with Love” yang bertujuan memberdayakan wanita, keluarga dan ibu rumah tangga untuk bisa memasak layaknya professional di rumah. Dengan begitu akan meningkatkan kebersamaan dan kesehatan nutrisi dalam keluarga.

Demo Masak Bersama Chef Eddrian Tjia



Acara kali ini menggandeng Chef Eddrian Tjia yang terkenal jago memasak masakan khas Bangka, bahkan pernah menjadi juru masak mantan Gubernur kita, Bapak Ahok, untuk memasak saat ada acara di kantor gubernur saat itu.
Chef Eddrian akan mencoba memasak Lempah Kuning, Bujan dan Juice sehat dan semuanya menggunakan peralatan masak dari Oxone yang berkualitas.

Lempah Kuning



Lempah Kuning merupakan makanan khas dari Bangka yang biasa disajikan sebagai menu makanan keluarga sehari-hari. Cita rasanya asam dan gurih, menggunakan bahan utama ikan tenggiri.

Cara memasaknya juga cukup mudah, bahan yang diperlukan antara lain terasi, bawang merah, bawang putih, lengkuas dan kunyit dihaluskan hingga lembut. Kemudian masak dalam air mendidih hingga beraroma wangi.

Setelah wangi, masukkan nanas yang sudah dipotong-potong sesuai selera. Masak kembali hingga nanas cukup matang dan empuk.

Kemudian, masukkan juga air asam jawa. Dan tidak lupa terakhir masukkan ikan tenggiri dan cabe rawit utuh. Cabe rawit menjadi tambahan rasa pedas namun dimasukkan dalam keadaan utuh supaya bisa dikonsumsi juga untuk anak-anak atau yang tidak menyukai rasa pedas.

Saat memasak Lempah Kuning, Chef Addrian menggunakan Oxone Ceramic Stove dan Oxone Cast Iron Series. Oxone Cast Iron Series terbuat dari baja dan berlapis khusus untuk panas lebih merata dan saat disajikan pun panasnya lebih awet tahan lama sehingga masakan tetap hangat dan tidak mudah basi. 



Tidak lama kemudian, Lempah Kuning sudah siap disajikan. Setelah ikan tenggiri masuk, tidak perlu dimasak terlalu lama karena kata Chef Addrian, seafood adalah bahan makanan yang cepat matang jadi kalau dimasak terlalu lama malah rasanya akan hilang dan menjadi keras.

Seperti ini hasil masakan dari Chef Addrian, Lempah Kuning khas Bangka.



Rasanya sekilas mirip dengan Tom Yam tapi lebih ringan dan lebih terasa bumbu rempah asli Indonesia, mungkin ini dari terasi yang digunakan adalah terasi khas dari Bangka.

Bujan

Selanjutnya, Chef Addrian mendemokan cara memasak Bujan, masih berasal dari Bangka. Bujan ini seperti camilan gorengan yang juga menggunakan ikan tenggiri sebagai bahan baku utama. Bujan ini memiliki rasa menyerupai otak-otak tapi karena dalam proses pembuatannya digoreng jadi cita rasanya tentu berbeda.

Cara membuatnya adalah campurkan daging ikan tenggiri yang sudah dihaluskan dengan blender Oxone dengan parutan talas Kalimantan. Talasnya juga sudah diparut menggunakan Oxone Salad Slicer.

Daging tenggiri dan talas tadi kemudian dicampur dengan bawang putih yang sudah dihaluskan dan sedikit taoco asin sebagai tambahan rasa. Untuk penyedapnya, Chef Addrian menggunakan kaldu jamur agar tetap gurih namun jauh lebih sehat daripada menggunakan vetsin.

Setelah itu, campuran tadi diaduk dan ditambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga didapatkan kekentalan yang pas dan mudah dibentuk seperti perkedel. Lalu bentuk bulat-bulat kecil dengan bantuan 2 buah sendok dan langsung goreng dalam minyak panas.



Goreng hingga matang kecoklatan dan sajikan dengan cuka merah (sambal) buatan Chef Addrian. Seperti inilah penampakan Bujan, rasanya jangan ditanya deh endesss... Terasa seperti bakso goreng dengan rasa otak-otak tapi crispy seperti talas goreng. Wajib dicoba di rumah untuk cemilan sehat buat keluarga nih.

Jus Sehat ala Oxone Mater Slow Juicer




Terakhir sebagai menu penutup Chef Adrian mendemokan cara menggunakan Oxone Master Slow Juicer yang merupakan salah satu produk terbaru dari Oxone.
Chef Addrian membuat juice dari apel dan wortel tanpa tambahan air dan gula, tapi sayang sekali aku tidak sempat mencoba. 

Kelebihan dari Juicer ini adalah mampu memisahkan sari buah dan ampasnya dengan lebih baik untuk menghasilkan sari buah yang lebih banyak dan ampas yang kering. Selain itu, saat mengguakan Oxone Master Juicer, kita tidak perlu memotong buah apel menjadi potongan kecil, karena buah-buahan tidak perlu dipotong tapi bisa langsung dimasukkan dalam keadaan utuh. Pisaunya tajam dan alat pemerasnya juga bekerja maksimal untuk menjadikan jus yang sehat untuk sekeluarga.

Jadi tertarik untuk mengkoleksi peralatan memasak dan rumah tangga dari Oxone, lengkap dan berkualitas. Kalau kalian juga ingin mencoba dan membeli Oxone, bisa langsung kunjungi Best Denki di Mall PIK Avenue, Emporium Pluit Mall, Citraland Mall, Giant CBD Bintaro, atau di departement store terdekat dengan lokasi kalian.

Untuk katalog lengkapnya, kalian bisa membuka di website dan social media Oxone berikut:

Oxone Indonesia
www.oxone-online.com
Instagram : @OxoneOnline
Facebook: Oxone Online



Oke, sekian dulu cerita event reportku bersama Oxone kali ini, see you on my next post..

0 comments:

Post a Comment

Sociolla Discount Code: SBNLAL2H

I'm part of Blogger Perempuan

Blogger Babes Asia

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support
Powered by Blogger.