[LIFESTYLE] Kepedulian Sorella Pada Komunitas Kanker Payudara

Hi ladies,

Mungkin sudah sering kita dengar quote "women empowering women" tapi pernahkah kita sejenak merenungkan apa yang sudah kita lakukan untuk sesama wanita atau setidaknya memikirkan apa yang bisa kita berikan untuk mendukung sesama wanita? Ga cuma gosip, julid dan ngomongin temen di belakang. Kita patut berbangga diciptakan sebagai makhluk mulia dan kuat oleh Allah, tapi dibalik itu semua, wanita memiliki kerapuhan dan perasaan yang sensitif. Itulah sebabnya kita sebagai wanita sudah seharusnya peduli dengan teman wanita di sekitar kita terutama jika menyangkut dukungan moral kepada wanita yang diberkati Tuhan dengan penyakit kanker.
Beberapa waktu lalu, aku bersama teman blogger menghadiri acara Blogger Audition #SorellaGoesToLombok untuk mengadakan charity trip mengunjungi para survivor atau penyintas Kanker Payudara di sekitar Lombok dan Bali. Acara kemarin digelar di Segarra Resto, Ancol dengan nuansa serba pink dari dekorasi hingga dress code. Yah, memang Kanker Payudara sudah familiar dengan "Pita Pink" sebagai simbolnya.

Sumber: Google
Disini hadir sebagai narasumber yaitu Co-founder komunitas Love Pink Indonesia sekaligus survivor Kanker Payudara, Ibu Madelina. Serta perwakilan dari Sorella, Ibu Agnes Dewi. Keduanya adalah wanita hebat dengan caranya masing-masing untuk bisa menginspirasi kita sebagai sesama wanita. Talkshow dikemas secara menyenangkan oleh Jean Girsang sebagai MC nya. 

Kanker Payudara



Ibu Madelina sebagai survivor Kanker Payudara mengatakan bahwa Kanker Payudara sudah menjadi pembunuh wanita no 1 karena termasuk silent killer. Kadang kita tidak menyadari kalau gejalanya sudah lama muncul, dan baru tahu ketika sudah stadium lanjut. bahkan menurut penelitian, setidaknya 1 dari 8 wanita memiliki resiko terkena Kanker Payudara.

Sumber: Google

Hingga saat ini penyebab Kanker Payudara masih belum dapat diketahui, tapi wanita dengan paparan rokok, alkohol, pola makan tidak sehat dan punya faktor genetik kanker memiliki kemungkinan terkena Kanker Payudara lebih besar. Dan fyi, Kanker Payudara tidak mengenal jenis kelamin lho! Laki-laki pun bisa terkena kanker payudara terutama lelaki yang cenderung overweight atau obesitas karena memiliki kelenjar payudara besar.

Kanker Payudara sendiri adalah suatu kondisi dimana pertumbuhan kelenjar payudara menjadi tidak normal atau adanya tumor ganas yang tumbuh pada jaringan epitel payudara. Namun, karena Payudara merupakan organ luar, sebenarnya proses penanganan dan penyembuhannya cenderung lebih mudah. Yang menjadi masalah adalah, hampir 80% wanita menyadari dirinya terkena Kanker Payudara justru saat stadium lanjut.

Oleh karena itu, Love Pink Indonesia dan Sorella ingin mengajak kami sebagai blogger dan influencer untuk bisa mulai meningkatkan pengetahuan dan kesadaran wanita akan pentingnya deteksi dini kanker payudara dan penanganannya secara klinis dengan benar.

Persentase kesempatan sembuh total sesuai Syadium yang diderita - sumber Google


Deteksi Kanker Payudara Sedini Mungkin


Salah satu cara deteksi dini Kanker Payudara sebenarnya tidak perlu dilakukan di klinik atau rumah sakit tapi bisa kita lakukan sendiri dengan teknik SADARI (perikSA payuDAra sendiRI). Setelah mengetahui ada yang tidak beres, barulah lakukan SADANIS (perikSA payuDAra secara kliNIS) dengan USG atau Mammograf Test di Rumah Sakit untuk lebih memastikan penyebab dan penanganannya dengan benar.

Sumber: Google

Teknik Sadari, Periksa Payudara Sendiri, paling ideal dilakukan pada hari ke-7 hingga hari ke-10 sejak datang bulan/menstruasi. Caranya juga cukup mudah, berikut step by stepnya:
1. Berdirilah di depan cermin, tangan terangkat ke arah belakang leher. Perhatikan apakah ada bengkak atau warna kulit yang aneh di sekitar payudara.
2. Letakkan tangan dipinggang dan kembali perhatikan apakah muncul tanda seperti bengkak dan kemerahan sekitar payudara.
3. Cobalah membungkuk, apakah ada terasa benjolan yang jatuh, terasa seperti uang koin di kantong yang jatuh saat anda menunduk/membungkuk.
4. Berdiri dengan satu tangan diangkat ke arah belakang, dan tangan satu lagi meraba payudara dengan arah naik turun, melingkar dan melingkar kecil-kecil ke sekeliling payudara. Lakukan perabaan dari sekitar ketiak - payudara - hingga sekitar leher. rasakan apakah ada benjolan yang jika ditekan tidak terasa nyeri.
5. kemudian coba tekan puting, apakah muncul cairan atau darah.
6. Ulangi step 4 dan 5 pada payudara sebelahnya,
7. Ulangi step 4-6 tapi dengan posisi tiduran, area punggung diganjal dengan bantal.

Proses ini akan memakan waktu 5-10 menit saja, dan sebaiknya lakukan setiap bulan agar kita bisa langsung menyadari apabila ada yang tidak beres di area payudara kita. Kenali bentuk payudara kita sendiri agar kita juga lebih mudah untuk mendeteksinya.
Keseruan kami saat mencoba mempraktekkan SADARI bersama teman-teman dari Love Pink Indonesia.


Apabila dari semua step tersebut ada yang terasa mencurigakan sebaiknya langsung lakukan pemeriksaan SADANIS tadi, seperti USG Payudara (bagi yang belum pernah menyusui) atau Mammograf Test (bagi yang sudah pernah hamil dan menyusui).

Bagaimana Bila Positif Kanker Payudara??


Bila hasil cek menyatakan Postif Kanker Payudara, mungkin terasa bagai dunia runtuh, sedih dan sekaligus takut. Tapi jangan pernah khawatir karena si empunya umur hanya Tuhan, kita hanya harus terus berharap dan semangat mengikuti serangkaian terapi dan kemo.

Tapi tentunya tidak semudah itu, justru dukungan keluarga dan teman serta perasaan bahagia adalah obat paling manjur. Mulailah dengan mencari komunitas sesama survivor kanker payudara, karena saat ini sudah banyak sekali komunitas seperti ini, salah satunya Love Pink Indonesia.
Kadang, dukungan komunitas akan lebih berarti karena akan terasa "sama-sama merasakan" bukan hanya dari orang lain yang hanya bisa mengatakan "sabar ya.."

Dukungan moral terbukti berpengaruh besar, seperti Ibu Madeline dan teman-teman survivor di Love Pink Indonesia yang secara rutin melakukan kunjungan pada anggotanya dan beberapa rumah sakit sekedar untuk menyapa, memberi dukungan moral dan doa.
Ibu Madelina sudah menjalani kemo, serta terapi bahkan pengangkatan satu payudaranya dan saat ini sudah dinyatakan sembuh. Sekarang Ibu Madelina bersama Love Pink Indonesia pun turut menyebarkan positif vibes bahwa Kanker Payudara bukanlah akhir segalanya tapi merupakan perjalanan berharga untuk menjadi orang yang lebih baik dan bisa empowering another women.

Peran Sorella Untuk Komunitas Kanker Payudara


Sorella pun turut memberi dukungan untuk para survivor Kanker Payudara terutama bagi sebagian wanita yang harus merelakan payudaranya untuk diangkat. Sudah beberapa tahun ini Sorella selalu memberikan dukungan melalui komunitas Love Pink Indonesia dengan mengadakan event seperti ini, untuk membantu menyebarkan informasi mengenai Kanker Payudara dan deteksi dini guna membantu menekan jumlah penderita kanker payudara di stadium lanjut.


Dukungan Sorella juga tidak main-main, Ibu Agnes Dewi menceritakan tentang keinginan Sorella untuk mengembalikan rasa percaya diri dan inner beauty para survivor Kanker Payudara yang sudah melakukan pengangkatan payudara dengan menciptakan Mastectomy Bra. Mastectomy Bra merupakan bra khusus yang dilengkapi dengan tambahan padding untuk menyokong bentuk payudara seolah tetap ada meskipun sudah diangkat.

Dan ada juga permintaan dari survivor Kanker Payudara dari Bali untuk menciptakan padding dari silicon agar lebih berat sehingga mampu menyokong bentuk tulang punggung tetap lurus. Dan sekali lagi, Sorella kembali berinovasi dengan menghadirkan Beauty Inside yaitu padding prothesis yang terbuat dari silikon yang berat dan bentuknya menyerupai payudara asli sebagai bukti dukungan Sorella pada penyintas Kanker Payudara agar tetap percaya diri, tetap memiliki inner beauty dan bisa melakukan aktivitas seperti biasa.

Credit: https://www.instagram.com/unicornadcom/

Tidak hanya sampai disini saja, Sorella yang sudah kita kenal sejak tahun 1974 hingga sekarang telah menjadi brand No.1 dalam hal pakaian dalam wanita dan sleepwear. Dengan mengusung misi untuk menjadikan wanita tampil percaya diri dan memiliki inner beauty, maka Sorella pun saat ini sudah dikenal luas se-antero Asia Tenggara. Bahkan di tahun 2013 Sorella berhasil menyabet gelar TOP Brand untuk pakain dalam wanita.

Sorella sangat peduli akan kesehatan wanita Indonesia, oleh karenanya beberapa produk yang menjadi highlight dari Sorella saat ini adalah Body Contour Wellness Bra yang memiliki beberapa kelebihan, antara lain:
1. Far Infrared Rays, yaitu fungsi detoksifikasi serta mencegah radiasi elektromagnetik dan membantu meningkatkan sirkulasi darah terutama di area payudara.
2. 3D Zero Pressure Wire Bra, yaitu desan bra yang dibuat senyaman mungkin mengikuti bentuk payudara dan memiliki kawat yang lentur sehingga tidak menyebabkan sakit di area sekitar payudara.
3. Speciality Bamboo Bra, yaitu bahannya yang menggunakan serat bambu yang anti bakteri, anti bau dan membantu memperlancar aliran darah.
4. Coffee Yarn, mengandung bahan kopi dalam serat kainnya untuk membantu memelihara kesehatan kulit dan mencegah iritasi kulit bagi yang memiliki kulit sensitif.
5. Pilihannya lengkap dari mini set untuk anak ABG, bra remaja seperti Young Hearts, Bra dengan tali samping yang lebar, bra seksi dengan motif renda, Mastectomy Bra, Mastectomy Padding hingga lingerie dan sleepwear.

Karena 5 alasan inilah, Sorella menjadi pilihan pertama saat aku membeli pakaian dalam. Dan ingat, tips dari aku untuk mengganti pakaian dalam secara rutin setiap 6 bulan, karena perubahan bentuk tubuh bisa terjadi dalam rentang waktu 6-8 bulan. Selalu pastikan kita mengenakan pakaian dalam yang bersih, nyaman dan mempu mendukung aktivitas dengan baik agar kita lebih percaya diri. 

Produk Sorella juga mudah dijumpai di beberapa departement store seperti di Metro, Centro atau The Bra House. Dan cobalah untuk mementingkan fungsi ketimbang model yang lucu karena pakaian dalam bukan hanya sekedar pakaian saja tapi juga turut mempengaruhi kesehatan tubuh kita. 
Aku punya tips untuk memilih pakaian dalam Sorella yang tepat, baca juga:
Untuk mengetahui lebih banyak tentang Sorella, kalian bisa follow instagramnya di @sorellaid, atau jika kalian tertarik untuk mengetahui lebih banyak dan bergabung di komunitas Love Pink Indonesia kalian bisa follow instagram mereka di @lovepinkindonesia atau websitenya di http://www.lovepinkindonesia.org/
Terimakasih banyak, untuk Sorella, Love Pink Indonesia dan UnicornAd atas undangannya mengikuti acara yang sarat manfaat, edukatif dan mampu meningkatkan awareness kita untuk mulai memperhatikan kesehatan kita dan belajar untuk bisa memberi dampak positif bagi lingkungan kita khususnya sesama wanita.



Oh ya, di akhir acara kami juga seseruan membuat Beach Hat DIY lho. Kali ini aku membuat dengan tulisan LOVE warna pink sebagai dedikasi dan kekagumanku untuk para penyintas kanker payudara di Love Pink Indonesia. Semoga kita semua selalu diberikan kesehatan dan kesempatan untuk terus berbuat baik.



Sampai jumpa di postingan selanjutnya...


1 comments:

  1. aku sukaaa topi DIY buatanmu May, simple yet chiccc...

    ReplyDelete

Sociolla Discount Code: SBNLAL2H

I'm part of Blogger Perempuan

Blogger Babes Asia

Blogger Babes are Sophisticated Bloggers Seeking Simple Solutions and Support
Powered by Blogger.