Thursday, 3 October 2019

Grand Launching Aplikasi SehatQ, Sehat Dalam Genggaman

Hi all,

Kalau punya anak di usia Sekolah Dasar pasti mengerti jika penyakit bisa datang kapan saja. Walaupun seringnya hanya penyakit ringan seperti batpil atau demam, tapi lumayan bikin snewen lho kalau mendadak muncul di tengah malam. Seperti beberapa bulan yang lalu, Deston sempat demam dan menggigil mendadak di jam 1 malam. Mau dibawa ke rumah sakit koq bukan sakit yang serius, tapi kalau hanya dibiarkan saja kasihan karena tidak bisa tidur. Coba aja waktu itu sudah ada Aplikasi SehatQ. Eh, apa itu Aplikasi SehatQ?


Kebetulan minggu lalu aku hadir ke acara launching aplikasi kesehatan ini. SehatQ merupakan aplikasi yang memudahkan kita untuk mencari bantuan kesehatan darurat atau sekedar untuk membantu menjaga kesehatan kita dan keluarga. Yang membuat saya bangga, ternyata founder aplikasi SehatQ adalah seorang ibu dengan 3 anak yang sibuk namun tetap concern dengan kesehatan anak dan keluarganya.

SehatQ menawarkan konsep "Sehat dalam genggaman", maksudnya apapun kebutuhan kesehatan kita dapat kita lakukan dengan satu aplikasi saja. "Mulai dari mencari artikel kesehatan, informasi obat, informasi komposisi serta dosis obat, chat dengan dokter hingga layanan booking konsultasi dokter di faskes atau rumah sakit", jelas Linda Wijaya, Founder dan CEO SehatQ.


Saat acara launching, hadir sebagai narasumber Ibu Linda Wijaya, dr. Audy Antawidjaya dan Tarra Budiman.

dr. Audy sebagai salah satu dokter yang sudah bekerjasama dengan SehatQ berharap bahwa dengan hadirnya aplikasi SehatQ bisa semakin menjangkau masyarakat Indonesia untuk bisa lebih sehat dan semoga fiturnya bisa dinikmati secara maksimal.

Tarra Budiman yang juga sebagai ayah baru, sering merasa khawatir jika anaknya sedang sakit namun dirinya sedang berada di luar kota atau luar negeri untuk bekerja. Aplikasi SehatQ bisa sangat membantu dalam melakukan chat dengan dokter ataupun booking rumah sakit untuk anaknya tercinta. Bahkan untuk penyakit ringan yang bisa diobati dengan obat OTC bisa dikonsultasikan dengan dokter yang sedang online atau cek dosis nya dalam directory aplikasi SehatQ.


Akupun sebenarnya sudah mengetahui aplikasi SehatQ sejak beberapa bulan lalu, karena kebetulan aku pernah hadir menjadi salah satu peserta diskusi kelompok terkait aplikasi dan fitur dalam SehatQ. Saat itu aku melihat memang aplikasi ini berbeda dengan aplikasi kesehatan yang sebelumnya sudah ada. Salah satu kelebihannya adalah Aplikasi SehatQ bisa menjembatani konsultasi kesehatan dari online ke offline.

SehatQ sudah bekerjasama dengan lebih dari 300 fasilitas kesehatan, puskesmas dan rumah sakit. Untuk konsultasi online dengan dokter, jangan khawatir karena SehatQ sudah bekerjasama dengan lebih dari 10ribu listing dokter dan rumah sakit di Jabodetabek dan beberapa kota besar di Indonesia. SehatQ sebelumnya sudah melakukan verifikasi pada semua dokternya, pokoknya harus berpengalaman, kompeten dan tergabung dalam Ikatan Dokter Indonesia supaya kualitas konsultasi bisa tetap memuaskan.

Nah, sekarang kita intip yuk beberapa fitur dalam Aplikasi SehatQ yang bisa kita akses.
Beberapa fitur utama dalam aplikasi SehatQ, yaitu Obat, Artikel, Dokter, Rumah Sakit, Booking Dokter, Penyakit, Chat Dokter, Promo dan Acara.


Pertama yang paling banyak dikunjungi tentu fitur Chat Dokter. Sebagian besar pasien yang melakukan chat dokter mengeluhkan penyakit ringan seperti gangguan pernafasan (batuk/flu), kesehatan kulit (jerawat, bisul), gangguan pencernaan, seks/kesehatan reproduksi, dan gangguan mental seperti stress dan kecemasan. Meski demikian, 36% pengguna fitur Chat Dokter tetap memerlukan pemeriksaan fisik dengan dokter, jadi Chat Dokter tidak semata-mata menggantikan peran fasilitas kesehatan namun lebih pada membantu dalam keadaan darurat dan membantu pasien mengambil keputusan terbaik untuk kesehatannya.

Kedua yang cukup digemari juga adalah Booking Dokter, fitur ini memungkinkan kita memilih dan memesan jadwal kunjungan ke lebih dari 8.000 dokter yang terdaftar dalam direktori SehatQ. Di lain pihak, bagi rumah sakit dan fasilitas kesehatan, fitur ini sangat membantu untuk meningkatkan kinerja layanan sehingga bisa lebih efisien, pasienpun tidak perlu bolak balik atau mengantri panjang.

Selain 2 fitur utama andalan tersebut, ada fitur direktori obat, penyakit dan daftar rumah sakit untuk membantu kita mencari informasi lebih detil terkait 3 hal tersebut. Ada juga fitur artikel untuk menambah informasi tentang penyakit atau informasi kesehatan yang sedang tren di masyarakat. Fitur ini sebelumnya sudah melalui persetujuan editor dan tentunya dengan data yang bisa dipertanggungjawabkan ya.

Kalau aku paling suka fitur Chat Dokter dan Promo.. hehe.. Maklum untuk check up kesehatan kan seringkali harga menjadi problem utama, jadi kalau ada informasi promo tentang check up tentu mamak ini akan senang sekali. Seperti contohnya ada promo untuk scalling gigi, pre marital check up, USG 4D, dan IVA Test untuk deteksi dini kanker rahim.

Kalau buat kalian yang concern akan kesehatan dan suka mengikuti berbagai acara seputar kesehatan, ada fitur Acara yang bisa kalian lihat untuk mencari acara seminar, penyuluhan, olah raga (lari, yoga, dll), dan sebagainya. Info acara juga sangat update dan bisa kalian pilih sesuai kategori atau urutkan sesuai bulan acara atau lokasi yang diinginkan.



Hayoo, mana ada aplikasi kesehatan yang selengkap ini? Makanya yuk download Aplikasi SehatQ untuk membantu kita dalam mencari informasi seputar kesehatan, chat dengan dokter hingga booking kunjungan dokter. Aplikasi SehatQ sudah bisa kalian unduh dari Google Play Store maupun Apple Apps Store. Atau check langsung website nya di www.sehatq.com.




2 comments :

  1. Terimakasih sudah berbagi infonya gan,.

    ReplyDelete
  2. Aplikasi yg sungguh berfaedah nih terutama fitur chatt dokternya ��

    ReplyDelete

Back to Top