Wednesday 6 April 2022

REVIEW Whitelab Retinol Treatment Serum Untuk Mencegah Tanda Penuaan Dini

Bulan lalu baru aja nambah umur, masuk pertengahan kepala 3.. Hehehe..
Ga mau donk wajah makin kelihatan tua, karena sebenarnya sejak masuk usia 30an sudah seharusnya kita lebih memperhatikan kebutuhan kulit yang pastinya jauh berbeda dengan saat masih 20an. Ngomong-ngomong masalah anti-aging treatment, sudah tau donk kalau juara umumnya pasti Retinol. Ssstt.. Seminggu belakangan ini aku mencoba Whitelab Retinol Treatment Serum, bagaimana hasilnya dan apa saja perbedaannya dengan Retinol Serum lainnya, baca terus blogpost kali ini sampai selesai ya..


Penuaan Dini, Tanda dan Penyebabnya


Menjadi tua secara umur memang tidak bisa dihindari, tapi penuaan kulit yang membuat wajah terlihat lebih tua atau kulit terlihat kusam ternyata masih bisa diatasi. Beberapa ciri kalau kulit mengalami penuaan adalah:
- kulit terasa menjadi lebih kering
- muncul kerutan halus di sekitar mata, bibir, garis senyum dan dahi.
- kulit terlihat kusam.
- muncul dark spot atau flek hitam.

Beberapa kebiasaan atau pola hidup yang bisa mempercepat munculnya tanda penuaan pada kulit contohnya seperti, paparan sinar UV, terlalu sering terpapar blue light dari gadget, pola makan yang tidak sehat, merokok, atau terlalu sering begadang. Yuk, perlahan kita mulai diganti kebiasaan dan pola hidup kita menjadi lebih sehat dan tambahkan Retinol dalam rangkaian skincare pada malam hari.

Retinol Sebagai Bahan Aktif Anti-aging


Sudah sejak lama bahan aktif Retinol dipercaya oleh banyak ahli dermatologis sebagai salah satu kandungan yang mampu dengan relatif cepat dan efektif memperbaiki kondisi kulit dan menunda penuaan dini pada kulit.

Retinol merupakan bentuk turunan dari Vitamin A sehingga mampu bekerja sebagai antioksidan pada kulit untuk membantu menetralkan radikal bebas, serta menyamarkan dan menunda penuaan dini pada kulit.

Terlepas dari manfaat Retinol untuk membantu melawan tanda penuaan dini, namun masih ada beberapa diantara kalian yang masih takut untuk mencoba Retinol karena memang Retinol memiliki efek samping seperti muncul rasa tingling atau cekit-cekit, kering pada kulit, serta purging di awal pemakaian. 


Oleh karena itu Whitelab mempersembahkan produk barunya, Whitelab Retinol Treatment Serum, dengan bahan aktif Retinol yang jauh lebih aman dan stabil yaitu Encapsulated Retinol.

Encapsulated Retinol vs Retinol


Encapsulated Retinol merupakan molekul Retinol yang dibungkus sedemikan rupa dengan Sugar Molecule Dextrin sehingga lebih "ramah" buat pemula karena minim efek iritasi, purging atau rasa cekit-cekitnya juga sangat berkurang, dan lebih melembabkan. Encapsulated Retinol relatif lebih aman buat kalian yang baru masuk usia 30an awal yang ingin mencoba keampuhan bahan aktif Retinol namun dengan efek yang lebih ringan. 

Encapsulated Retinol dalam Whitelab Retinol Treatment Serum ini bentuknya menyerupai sandwich dimana kandungan Retinol disimpan didalam cangkang lipid sehingga akan lebih stabil menembus hingga lapisan kulit yang lebih dalam jika dibandingkan dengan Retinol biasa. 

Manfaat Encapsulated Retinol antara lain:
- mempercepat regenerasi kulit
- meremajakan kulit
- mengurangi dan menyamarkan tanda penuaan kulit
- melembabkan kulit

Namun begitu, penggunaan Retinol dan Encapsulated Retinol tidak disarankan untuk kalian yang masih berusia belasan tahun, ibu hamil dan ibu menyusui. Untuk ibu hamil dan menyusui yang ingin menggunakan anti-aging treatment bisa gunakan bahan aktif turunan Retinol yang lebih aman yaitu Bakuchiol. Whitelab juga punya Whitelab Bakuchiol Treatment Serum yang aman untuk ibu hamil dan menyusui lho.

Whitelab Retinol Treatment Serum


Whitelab Retinol Treatment Serum dikemas dalam botol kaca gelap dengan aplikator berbentuk pipet. Ciri khas Whitelab memang desain box dan botolnya cukup minimalis dan terlihat elegan. Dalam box nya sudah tertulis dengan jelas informasi seputar ingredients dan cara penggunaan.


Whitelab Retinol Treatment Serum memiliki bahan aktif Encapsulated Retinol 1%. Sedangkan bahan tambahannya Ferulic Acid yang merupakan antioksidan alami yang bisa ditemukan dalam bulir gandum, memiliki manfaat untuk:
- melindungi kulit dari efek radikal bebas
- merawat kekenyalan dan kekencangan kulit
- membantu mencegah flek akibat penuaan kulit atau paparan sinar UV


Teksturnya seperti gel yang cukup kental namun tetap lembut dan mudah merata saat diaplikasikan pada kulit wajah. Kalau kalian sudah terbiasa dengan bahan Retinol pasti tau kalau setelah produk meresap, kulit akan terasa cukup kering, namun berbeda dengan after effect nya Whitelab Retinol Treatment Serum, karena aku merasakan kulit jadi lebih lembut seketika, ini karena ada kandungan Ceramide untuk memperkuat skin barrier dan melembabkan kulit.

FIRST IMPRESSION


Aku sudah pakai selama 1 minggu belakangan ini, namun karena aku juga baru mencoba Retinol dari Whitelab, maka kulitku tetap butuh penyesuaian. Begitu juga dengan kalian ya, terutama kalau kalian baru pertama pakai bahan aktif Retinol sebaiknya dipakai secara selang seling, kalau hari ini pakai maka besok skip dulu, lusa baru dipakai lagi.. Sejauh ini di kulitku yang cenderung kering dan sensitif ini sama sekali tidak ada reaksi alergi, purging atau kemerahan jadi next week aku akan coba pakai setiap hari.

Fyi, bahan aktif retinol dan turunannya sangat sensitif dengan UV, jadi pastikan pakai Whitelab Retinol Treatment Serum hanya di malam hari saja. Dan pagi harinya jangan lupa untuk pakai moisturizer dan sunscreen, karena akan percuma menggunakan Retinol Serum di malam hari tapi di pagi hari kulitnya tidak dilindungi dengan sunscreen. Tentunya dark spot dan kerutan bakal tetep mengintai. Hehehe..

Saat ini, di kulitku memang belum terlihat perubahan yang signifikan. Karena Retinol dan bahan aktif untuk anti-aging lainnya memang bisa diibaratkan investasi kulit. Hasilnya akan terlihat setelah pemakaian selama 2-4 bulan, jadi hasilnya belum bisa dirasakan sekarang namun nanti akan terlihat bahwa kulit akan relatif lebih kencang dan tidak mudah mengalami flek hitam saat masuk usia 40an. So, better #PreventionStartNow kan..


Nah mumpung banget nih Whitelab Retinol Treatment Serum ini masih baru launching, so masih kebagian ekslusif launching diskon untuk pembelian Whitelab Retinol Treatment Serum, harganya jadi cuma 95.000 aja. Yuk kalian bisa langsung klik Official Store Whitelab di Shopee, berikut ini link nya..

Dan buat kalian yang penasaran dengan produk-produk lain dari Whitelab, kalian bisa langsung cek website atau social media mereka di:

Whitelab Indonesia





No comments :

Post a Comment

Back to Top