Monday 19 September 2022

Rayakan Perjalanan 25 Tahun Keluar Angkasa, ASUS Luncurkan Zenbook 14X OLED Space Edition

ASUS meluncurkan laptop edisi spesial untuk memperingati 25 tahun sejak laptop pertama ASUS berhasil dipilih sebagai perangkat pendukung pekerjaan astronot di luar angkasa. Oleh karenanya, laptop keluaran terbaru ASUS, Zenbook 14X OLED Space Edition ini punya banyak kelebihan serta desain bernuansa luar angkasa yang futuristik. Beruntungnya aku bisa menyaksikan secara langsung acara peluncurannya yang dilaksanakan tanggal 15 September 2022 yang lalu di Djakarta Theater Ballroom. Penasaran dengan spesifikasi dan keseruan acaranya, baca terus yaa..




Satu atau dua tahun belakangan ini marak sekali orang-orang yang ingin mencoba berwisata ke Mars. Pasti penasaran kan gimana rasanya bisa jalan-jalan ke luar angkasa. Tapi bayangin aja buat para konten kreator atau blogger seperti aku yang sehari-hari kerja dengan gadget dan laptop pasti bakal keteteran deh kerjaannya kalau ikut liburan ke Mars. Nah, kukenalin nih sama laptop baru ASUS yang udah lolos uji durabilitas bisa dibawa kemana aja bahkan ke luar angkasa.. 

Sedikit cerita tentang perjalanan ASUS menembus antarikasa yang dimulai pada tahun 1998, tepat 25 tahun lalu bersama laptop pertama ASUS P6300. Laptop ASUS mampu bertahan di lingkungan dengan gravitasi mikro yang penuh dengan radiasi kosmik selama 600 hari tanpa ada masalah. Sejak itu, ASUS terus berinovasi dan mengedepankan kualitas dalam setiap produknya.

Hingga saat ini, untuk memperingati hal tersebut lahirlah ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition. Dengan mempertahankan tradisi dan kualitas pendahulunya, ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition juga lolos sertifikasi ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S-016A).

Zenbook SPACE EDITION merupakan perangkat monumental yang juga dibekali fungsi, teknologi, fitur, serta durabilitas terbaik di kelasnya. Laptop ini adalah bukti konsistensi ASUS terhadap inovasi dan kualitas", ungkap Jimmy Lin selaku Regional Director ASUS South East Asia

Kalau dilihat dari tampilan depan, ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition terlihat sangat futuristik dan unik ala pesawat luar angkasa, karena ada kode morse pada bagian lid laptopnya. Bodi nya terbuat dari aluminium dengan warna eksklusif Zero-G Titanium. Tidak hanya itu, lid laptopnya pun dilengkapi dengan fitur ZenVision, layar mini OLED Monochrome berukuran 3.5 inch yang bisa dikustomasi dengan animasi, informasi pengguna, atau digital clock. Part unik ini terinspirasi dari jendela stasiun luar angkasa lho..




Makin ngiler lagi saat sesi unboxing ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ini langsung bersama Rizky Febian dan Tasya Kamila. Ternyata sebagai laptop yang hadir dengan edisi special, paket penjualannya pun sangat istimewa. Kotak penjualannya didesain istimewa dan mengusung konsep pakai ulang yang ramah lingkungan. Salah satunya, kotak penyimpanan chargernya bisa dilipat untuk digunakan kembali sebagi alas penyangga laptop. Saat membuka kotak penyimpanan laptopnya, akan muncul pengalaman yang unik saat unboxing sebuah laptop yang ga akan ditemui di paket penjualan laptopn lain deh. Di dalam paketnya juga sudah termasuk ASUS Pen 2.0 untuk memaksimalkan fitur touch screen dan sudah terdapat laptop sleeve dengan warna metalik khas antariksa.


Beneran liburan ke Mars bawa ASUS Zenbook Space Edition, ga bakal kecewa karena laptop ini sudah mengantongi sertifikat ketahanan berstandar militer AS bahkan lolos uji ketahanan US Space System Command. Sehingga Zenbook Space Edition ini dapat beroperasi dengan baik pada lingkungan bersuhu minus 24 derajat celcius hingga 61 derajat celcius, serta tahan guncangan ekstrem dengan frekuensi 20 hingga 20.000Hz. Tetep bisa update blog dan konten nih walau di Mars. Selain itu bobotnya juga cuma 1,4kg dan ketebalannya hanya 1,59cm ga nambahin beban hidup. Ehehe..

Layar Zenbook Space Edition full touch screen dengan teknologi ASUS OLED resolusi 4K (16:10) untuk menampilkan warna yang sangat akurat dan tidak merusak kesehatan mata (EyeCare). ASUS OLED memiliki color gamut 100%, tersertifikasi PANTONE Validated Display, berteknologi HDR Vesa DisplayHDR True Black. Kalau menurut Tasya Kamila, laptop ini aman digunakan untuk menonton atau bermain bersama si kecil karena bisa memungkinkan untuk mengurangi spektrum cahaya biru yang bisa merusak mata terutama untuk anak kecil atau kita yang bekerja dalam durasi yang lama di depan laptop. 


Zenbook Space Edition ini hadir dalam 2 pilihan tipe laptop, spesifikasi tertinggi memiliki processor generasi ke-12 Intel Core i9 - 12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W. Sehingga Zenbook Space Edition ini super powerful untuk semua kebutuhan. Sementara untuk penyimpanan data, kapasitasnya hingga 1TB dan memory hingga 32GB.

Performa ekstra cepat dan super canggih ini harus disukung dengan sistem pendinginan yang khusus, ASUS IceCool Technology dengan 87 bilah kipas yang mampu bekerja dengan lebih cepat mendinginkan perangkat terutama saat melakukan kinerja berat. 

Semakin nyaman digunakan karena Zenbook Space Edition ini juga dilengkapi dengan fitur penunjang yang modern, seperti berbagai port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type A, HDMI 2.1 TMDS, 3.5mm combo audio jack, serta Micro SD card reader. Selain itu, Zenbook Space Edition juga memiliki 2 port USB Type C Thunderbolt 4 untuk transfer data atau file besar dengan relatif lebih cepat.

Buat yang hobby nulis atau punya pekerjaan yang banyak ngetik, Zenbook Space Edition punya teknologi keyboard Ergo Sense sehingga aktivitas mengetik akan lebih nyaman dengan bentuk yang menyesuaikan jari serta jarak huruf yang tepat sejauh 1,4mm. Ohya, ada juga fitur yang bakal disukai kalian yang sering input data angka, karena ada fitur NumberPad 2.0 pada touchpad nya. 

Nah, untuk lebih jelas seperti ini kira-kira spesifikasidan harganya,

Main Spec.

Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)

CPU

Intel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores)

Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)

Operating System

Windows 11 Home

Memory

32GB LPDDR5

16GB LPDDR5

Storage

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD

Display

14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black

Graphics

Intel® Iris® Xᵉ Graphics

Input/Output

1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader

Connectivity

Wi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5

Camera

720p HD camera with electronic privacy shutter

Audio

Built-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos

Battery

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimension 

31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm

Weight

1.4 Kg

Colors

Zero-G Titanium

Price

Rp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM)

Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM)

Warranty

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

 

Jadi gimana? Harganya memang lumayan, tapi berbanding lurus koq dengan spesifikasi, kekuatan dan kecanggihan ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition ya kan. Berarti sekarang punya laptop secanggih laptonya astronot bahkan kerja di planet Mars pun udah bukan mimpi lagi ya..

Sampai ketemu lagi di blogpostku selanjutnya...



No comments :

Post a Comment

Back to Top