Wednesday, 4 December 2019

Event Report - Pentingnya Dukungan Keluarga Bagi Penderita Diabetes

Di tahun 2019 ini, Indonesia menempati peringkat ke 7 untuk penyandang diabetes terbanyak di dunia serta peringkat 4 penyandang toleransi glukosa terganggu terbanyak di dunia lho! Coba lihat sekeliling, adakah anggota keluarga atau teman yang menderita diabetes? Jangan dianggap remeh, karena orang yang menderita diabetes, silent killer no-4 di dunia ini, butuh dukungan dan edukasi dengan benar. Oleh karena itu, pada Hari Diabetes Dunia (14 November), dikampanyekan tema #LindungiKeluargaDariDiabetes.





Kampanye yang digagas oleh Merck Sharp Dohme (MSD Indonesia) Indonesia bersama dengan Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Perkumpulan Endokrinologi Indonesia (Perkeni), Persatuan Diabetes Indonesia Wilayah Jakarta, Bogor, Bekasi, Depok serta MRT Jakarta dan beberapa komunitas masyarakat ini bertujuan untuk bisa mengajak seluruh keluarga di Indonesia untuk mengetahui resiko diabetes dan meningkatkan kesadaran dari pengaruh diabetes.

Sebagai puncak acara Lindungi Keluarga Dari Diabetes, MSD Indonesia menggelar acara pada tanggal 30 November 2019 di ha;aman taman MRT Dukuh Atas sebagai upaya sosialisasi ke masyarakat luas serta beberapa komunitas yang hadir untuk bisa mengikuti talkshow seputar Diabetes, screening kesehatan dan olahraga bersama.

Selain itu diharapkan juga kampanye ini bisa menjangkau semua lapisan masyarakat dan keluarga dengan riwayat diabetes untuk bisa berperan aktif dalam masalah penanganan, pencegahan dan edukasi mengenai diabetes.

Tentu screening awalnya adalah rutin cek gula darah bagi kalian yang merasa punya gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan jarang olah raga apalagi jika ada riwayat diabetes dari orang tua. Namun sayangnya, kita masih belum menyadari pentingnya pemeriksaan rutin cek gula darah dan beberapa tes kesehatan lainnya.


"Oleh karena itu, sebagai mitra global dari International Diabetes Federation, MSD Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung upaya peningkatan kesadaran terhadap diabetes salah satunya dengan kampanye #LindungiKeluargaDariDiabetes." ungkap dr Suria Nataatmadja.

Saat ini penyandang diabetes mencapai 463 juta orang, namun 1 dari 2 penyandang diabetes tidak menyadari kondisinya. Padahal diabetes menyerang usia produktif diabawah 60 tahun, oleh sebab itu jika tidak ditangani sedini mungkin maka akan berdampak pada kualitas hidup orang tersebut.


Menurut Prof. Dr. dr. Mardi Santoso, peran keluarga sangatlah penting bagi penderita diabetes karena dalam penanganannya keluarga harus bisa memastikan pasien mendapatkan penyuluhan, pengobatan, pengaturan makan, dan pemeriksaan rutin untuk mencegah komplikasi serta keluarga lah yang mampu mendukung pasien untuk terus melakukan gaya hidup lebih sehat secara berkelanjutan.

Kalau sudah terkena diabetes, pengobatannya akan berlangsung seumur hidup untuk mencegah komplikasi serta perubahan gaya hidup menjadi lebih sehat. Itulah salah satu tantangan untuk bisa terus meningkatkan kualitas hidup meskipun sebagai penyandang diabetes. Salah satu olah raga yang harus rutin dilakukan adalah berjalan santai atau naik turun tangga.


Naik turun tangga atau berjalan santai adalah metode paling nyaman dan aman untuk membantu penurunan respon glukosa darah postprandial pada penyandang diabetes tipe 2. Hal ini sejalan dengan misi dan visi MRT Jakarta "Increasing Mobility, Improving Life Quality" dengan mengajak masyarakat menggunakan tangga daripada lift yang memang diperuntukkan bagi kelompok prioritas seperti ibu hamil, lansia dan disabilitas. Edukasi mengenai manfaat dari naik turun tangga ini ada di poster dan sticker di area stasiun MRT Jakarta.

Nah, karena acara ini merupakan puncak kampanye #LindungiKeluargaDariDiabetes, maka kami semua yang hadir serta beberapa anggota komunitas ikut menyukseskan acara ini dengan melakukan screening kesehatan serta olahraga bersama. Kemudian acara ditutup dengan makan makanan sehat yang disponsori oleh Honu Poke Bowl. Hhhmm yummy!

Berikut beberapa foto keseruan acara..





Nah, jika ada diantara kalian yang menderita diabetes atau punya riwayat keluarga diabetes, mulailah untuk mempraktekkan gaya hidup sehat, kurangi alkohol dan rokok serta perbanyak aktivitas fisik yah.. Jangan lupa berikan dukungan untuk penderita diabetes di sekitar kalian, ingatkan untuk diet makanan sehat dan rutin memeriksakan diri dan berolahraga.






No comments :

Post a comment

Back to Top