Sunday, 1 March 2020

PULSE, Aplikasi Pintar Untuk Cek Kesehatan Dari Prudential

Gadget dan aplikasi sudah bukan barang mewah bagi negara berkembang seperti di Indonesia. Lebih dari 100 juta orang menggunakan ponsel pintar sehingga mampu menempatkan Indonesia di peringkat ke-empat sebagai negara pengguna smartphone terbanyak setelah Cina, India dan Amerika. Oleh karena itulah, Prudential ingin mengembangkan peranannya secara digital untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan masyarakat Indonesia dengan menghadirkan PULSE by Prudential.





PULSE by Prudential merupakan aplikasi berbasis AI (Artificial Intelligent) untuk mengetahui kondisi tubuh dan kesehatan secara menyeluruh untuk seluruh lapisan masyakarat Indonesia. Walaupun aplikasi ini dikembangkan oleh Prudential, namun sebagian besar fiturnya dapat diakses oleh semua orang meskipun bukan nasabah atau pemegang premi Prudential.

Kebetulan, di tanggal 25 Februari 2020 kemarin aku sempat menghadiri acara press preview aplikasi Pulse by Prudential yang rencananya akan resmi launching di pertengahan Maret 2020 nanti. Jadi di blog post ku kali ini, aku akan sedikit menceritakan first impression aku menggunakan aplikasi Pulse by Prudential serta sedikit menjelaskan fitur-fitur yang ada di dalamnya.


Acara dibuka dengan sambutan dari Bp. Jens Reisch, selaku President Director Prudential Indonesia yang menjelaskan bahwa Pulse hadir sebagai wujud "We Do Technology" dari misi Prudential untuk bisa membantu memaksimalkan kualitas hidup setiap orang dengan cara yang mudah diakses oleh semua lapisan masyarakat sehingga bisa menghadirkan layanan dan pengalaman yang lebih baik sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini.
Fyi, aplikasi Pulse by Prudential bisa diunduh secara gratis melalui perangkat Android dan Apple.

Ibu Lilian Ng selaku Chief Executive Prudential Corporation Asia mengatakan bahwa aplikasi Pulse by Prudential ini hadir untuk memberikan manajemen kesehatan secara holistik sekaligus merupakan platform terpadu pertama dari jenisnya di Asia. Diharapkan Pulse by Prudential bisa melengkapi program pemerintah dalam memperluas akses layanan kesehatan yang terjangkau sehingga masyarakat Indonesia bisa memiliki pola hidup yang lebih sehat.

Dalam mengembangkan teknologi pintar ini, Pulse tidak bekerja sendiri melainkan bekerjasama dengan Babylon dan Halodoc untuk beberapa fitur supaya bisa menjadi one stop health care solution untuk penggunanya.


Seperti diungkapkan oleh dr. Dian Budiani sebagai Chief Operations Officer Prudential Indonesia menjelaskan bahwa aplikasi Pulse by Prudential mampu memberikan informasi kesehatan terkini serta solusi perlindungan kesehatan dengan basis AI. Hanya dengan menjawab beberapa pertanyaan seputar kondisi tubuh, riwayat penyakit, pola makan sehari-hari dan perkiraan suasana hati maka akan muncul kembaran digital (digital twin) yang menggambarkan kondisi tubuh kita.



Setelah itu, Pulse bisa membantu mengenali gejala penyakit yang sedang kita alami untuk tindakan lebih lanjut. Namun, perlu diketahui bahwa hasil yang muncul BUKAN merupakan diagnosa akhir. Jika ada gejala yang cukup serius maka akan ditawarkan rujukan atau sejenisnya. Pintar banget kan?

Nah, yuk sekarang kita kenalan dengan 4 fitur utama Pulse by Prudential ya,

1. Health Check

Layanan informasi kesehatan umum untuk mengetahui kondisi tubuh dan bagaimana bisa menjalani gaya hidup yang lebih sehat. Di fitur inilah kalian bisa berkenalan dengan Digital Twin seperti yang aku ceritakan diatas.
Fitur interakstif dan pintar ini didukung oleh Babylon.

2. Check Your Symptoms

Layanan chat dengan basis AI ini mampu menganalisis keluhan awal kalian dengan menanyakan serangkaian pertanyaan terkait gejala atau keluhan yang sedang kita alami. Di fitur ini, nantinya kalian akan diberikan informasi awal kemungkinan penyakit yang sedang dialami. Namun sekali lagi, ini BUKAN diagnosa akhir ya, hanya sebagai gambaran saja supaya kita bisa lebih mudah untuk mencari obat OTC ataukah perlu melakukan kunjungan dokter.
Fitur ini didukung oleh Babylon.

3. Talk to a Doctor

Fitur ini didukung oleh Halodoc dimana kalian bisa melakukan chatting atau video call dengan dokter terkait keluhan kesehatan yang sedang dialami. Tidak hanya chatting saja, namun fitur ini lengkap dengan Riwayat Konsultasi berupa resep secara digital yang bisa disimpan atau print, pemberian surat rujukan kunjungan dokter jika perlu dan penjadwalan untuk konsultasi berikutnya.

4. PRU Services

Fitur yang terakhir ini ekskusif bagi pemegang polis Prudential Indonesia dimana di dalamnya termasuk beberapa pilihan untuk;
- Polis Ku, informasi polis secara lengkap seperti status polis, nilai investasi, penerima manfaat, polis elektronik serta e-medical card.
- Klaim Penjaminan, ini akan memudahkan kita dalam proses rawat inap karena hanya tinggal scan QR Code di rumah sakit yang tergabung dalam PRU Medical Network. (Saat ini baru dimulai dengan RS Siloam Kebon Jeruk, RS Siloam Lippo Village, dan RS Mayapada Tangerang.
- Kalim Penggantian, pemengang polis dapat mengajukan klaim elektronik untuk penggantian biaya rawat inap dan biaya rawat jalan.
- Info Klaim, yang bisa membantu pemegang polis untuk mengetahui status klaim secara mandiri mengenai proses klaim yang diajukan melalui aplikasi Pulse.

Bagaimana, Pulse by Prudential ini benar-benar merupakan one stop health care solution bukan? Akhirnya akupun tertarik untuk mencoba download Pulse dan ternyata aplikasi ini cukup mudah digunakan. Bisa diakses dengan Bahasa Inggris ataupun Bahasa Indonesia, jadi menurutku sangat bisa untuk digunakan oleh semua lapisan masyarakat. Log In juga bisa langsung sync dengan Google Account atau Facebook Account kita, ga pake ribet.



Tentu buat aku yang sering males ke dokter apalagi jika keluhan yang aku rasakan masih dalam taraf ringan maka aplikasi Pulse by Prudential ini sangat bisa diandalkan. Buat kalian yang belum memiliki polis Prudential juga masih bisa menggunakan 3 fitur pertama lho, tapi memang akan lebih maksimal jika kalian merupakan nasabah atau memiliki polis Prudential. Namun menurutku Pulse by Prudential ini sangat membantu kita dalam menjaga pola hidup sehat, mengetahui gambaran penyakit melalui keluhan kita dan tentunya akan sangat memudahkan untuk konsultasi dengan dokter melalu chat terutama jika keluhannya hanya penyakit yang ringan, hemat waktu perjalanan ke dokter dan antri, ya kan?

Makanya, yuk download Pulse by Prudential dan kenalan sama Digital Twin kamu sekarang..



No comments :

Post a comment

Back to Top