Wednesday 9 November 2022

Jakarta Bird Land, Tempat Rekreasi dan Edukasi Satwa Burung di Ancol

Sejak memasuki era new normal, aktivitas juga kembali padat dengan anak yang kembali masuk sekolah dan suami yang sudah WFO. Setiap hari akupun berhadapan dengan pekerjaan rumah tangga yang ga ada habisnya, kembali menyiapkan bekal dan antar jemput anak lagi. Butuh rekreasi tipis-tipis nih, makanya weekend kemarin kami sekeluarga jalan ke Taman Impian Jaya Ancol. Baru masuk gerbangnya saja rasanya sudah happy banget apalagi Deston yang semangat untuk bermain ke salah satu lokasi rekreasi baru di Ancol, namanya Jakarta Bird Land.



Kami hadir pas di acara opening Jakarta Bird Land, tangga 5 November 2022 kemarin. Bukan kebetulan karena di tanggal 5 November adalah Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional. Jakarta Bird Land adalah persembahan dari Taman Impian Jaya Ancol sebagai lokasi konservasi dan eksplorasi ragam satwa burung.


Jakarta Bird Land masih satu kawasan dengan Seaworld dan Ocean Dream Samudra, jadi jika kalian membawa kendaraan probadi bisa langsung parkir di depan Seaworld kemudian masuk ke dalamnya, nanti posisi Jakarta Bird Land ada di sebelah Seaworld.

Jakarta Bird Land sudah dikembangkan dari tahun 2021, awalnya untuk konservasi burung seperti salah satunya burung endemik Indonesia yang saat ini jumlahnya semakin sedikit bahkan terancam punah yaitu Burung Jalak Bali. Saat ini Jakarta Bird Land dihuni oleh lebih dari 400 ekor burung dari sekitar 50 species burung.


Kawasan Jakarta Bird Land memiliki luas sekitar 6.000m2 yang dibagi dalam beberapa area seperti:
❤ American Macaw Area
❤ Indonesian Cockatoo
❤ Hornbill Family
❤ Aviary Exhibit
❤ Water Bird
❤ Free Range Bird Area

Semua burung dalam Jakarta Bird Land ini terbang secara bebas sehingga kita bisa berinteraksi langsung dengan mereka, seperti memberi makan, berfoto bersama dan bisa menyentuh langsung dengan arahan dan bantuan dari team education guide Jakarta Bird Land supaya lebih aman.

Saat masuk, Deston langsung happy karena kami disambut oleh Burung Macaw berwarna-warni yang sangat cantik. Burung Merak serta beberapa burung kecil terbang bebas dan ikut jalan-jalan bersama kita lho. Salah satu Burung Green Winged Macaw yang diberi nama Agus merupakan salah satu burung American Macaw yang berhasil menetas pada program Breeding dari Wildlife Reserve Ancol.


Agus, Green Winged Macaw yang menetas di konservasi JBL

Jalan ke sebelah kanan, ada area burung kakatua. Ada juga burung Kakatua Raja, kakatua asli Indonesia (Papua) yang saat ini sudah langka dan sangat dilindungi. Kemudian ada juga Hornbill atau Burung Rangkong.

Kakatua Raja asli dari Papua


Masuk ke lokasi tengah ada Water Bird Area, disini ada kolam kecil untk habitat hidup burung air seperti Pelican, Black Swan dan Mandarin Duck. Jakarta Bird Land terlihat sangat asri karena dibuat menyerupai habitat asli satwa burung.


Kemudian naik ke lantai 2, bisa menggunakan tangga dan tersedia juga eskalator. Disini kalian bisa melihat burung Jalak Bali, Betet dan beberapa burung kecil yang terbang kesana kemari dan hinggap di aviary. Kalau kalian mendekatkan tangan atau jari kalian ke burung-burung ini, mereka akan hinggap di tangan kalian lho! Seru banget..


Ada juga area burung pemangsa seperti salah satunya Elang Bondol yang merupakan maskot kota Jakarta. Sayangnya aku ga sempat melihat dan foto di area burung pemangsa nih, berarti kapan-kapan harus main ke Jakarta Bird Land lagi.. Hehe..

Di Jakarta Bird Land, kita tidak hanya berekreasi menikmati pemandangan dan melihat aneka jenis burung namun juga bisa belajar dan mengamati polah tingkah mereka yang lucu. Apalagi di jam tertentu saat feeding, kita bisa ikut memberi makan dan mengikuti bird show dengan konsep fun education.

Eddy Prasetyo selaku Direktur PT. Pembangunan Jaya Ancol mengatakan bahwa Jakarta Bird Land sebagai salah satu wujud komitmen Ancol dalam memberikan inovasi produk dengan kualitas kelas dunia dan tentu saja sejalan dengan misi memberikan edukasi mengenai konservasi pelestarian alam agar setiap pengunjung yang datang bisa mendapat pengetahuan dan pengalaman baru berwisata.


Terakhir, yang bikin betah lama-lama disini selain suasana yang asri, adem dengan suara kicauan burung dan suara air gemericik, yaitu setiap sudutnya keren-keren buat berfoto selfie atau foto bersama keluarga. Di bagian belakang, area terakhir untuk beristirahat ada area air terjun yang super cantik dan instagramable.

So, sudah penasaran dan pengen bawa si kecil bermain dan belajar di Jakarta Bird Land?
Jakarta Bird Land buka setiap hari mulai pukul 09.30 hingga pukul 16.00 dan kalian bisa membeli tiketnya langsung di website Ancol mumpung ada harga promo untuk tiket bundling dengan lokasi rekreasi lainnya di Ancol.. Jangan ketinggalan keseruannya yah..!!

Sampai jumpa di blogpostku selanjutnya..



No comments :

Post a Comment

Back to Top