Tuesday 7 June 2022

Berbagi Kebaikan Bersama Lifebuoy Melalui Donasi Rambut

Senang sekali rasanya beberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 2 Juni 2022 di Bale Nusa Sate Khas Senayan, aku bisa berkumpul bersama teman-teman blogger untuk mengikuti event bersama Lifebouy yang sedang meluncurkan kampanye terbarunya, "Berbagi Kebaikan". Seru banget acaranya karena ternyata untuk bisa berbagi kebaikan kita tidak perlu menunggu punya banyak uang atau materi untuk disumbangkan tapi kita bisa berdonasi dengan rambut sehat kita. Bagaimana caranya bisa donasi rambut? Nah, baca terus ya karena aku akan share keseruan event ini...



Pentingnya Mengajarkan Berbagi Kebaikan Pada Anak 


Selama 2 tahun lebih  kita sudah berhasil bersama-sama bertahan melewati masa pandemi yang tidak mudah. 2 tahun belakangan ini rasanya kita seperti tahanan rumah, karena bekerja dan sekolahpun dilakukan secara daring. Pada satu sisi kita jadi punya banyak waktu bersama keluarga, menambah skill memasak dan banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan. Tapi ada dampak negatif yang aku rasakan. Seperti kemampuan sosial Deston yang menurun, Deston menjadi mudah malu jika bertemu banyak orang. Mungkin ini karena kurangnya waktu berkumpul secara fisik dengan teman-teman sebayanya sehingga anak menjadi kurang memiliki skill untuk memecahkan masalah dan kurang memiliki perilaku prososial.


Disinilah tugas kita sebagai orang tua untuk mulai menanamkan rasa empati dan nilai-nilai kebaikan pada anak. Menurut Anna Surti Suriani, S.Psi., M.Si., Psi selaku psikolog kita bisa mulai dengan hal kecil seperti misalnya saat ini sebagian besar sekolah sudah menerapkan pembelajaran tatap muka 100%, kita bisa mengajak anak untuk membagikan wafer atau makanan ringan pada teman-temannya di sekolah. 


Mona Ratuliu sebagai Seleb Mom juga mengalami kesulitan yang serupa nih. Mona menjelaskan bahwa walaupun Nala sepertinya terlihat happy dan sering mengunggah video singkat di TikTok namun kadang Nala juga merasa kangen untuk bisa bermain atau berbagi dengan teman-teman sebayanya. Oleh karena itu Mona merasa sangat senang bahwa ada dukungan dari Lifebuoy agar kita bisa belajar Berbagi Kebaikan di kampanye terbarunya. Dan tentu saja Mona dan Nala tidak melewatkan momen ini.

Berbagi Kebaikan Bersama Lifebuoy


Nah, dari tadi sudah aku sebut terus nih kampanye terbaru dari Lifebuoy.. Tapi seperti apa sih kampanye ini..

Tujuan utama Berbagi Kebaikan tentunya ingin menginspirasi keluarga Indonesia untuk memiliki rambut sehat sebagai kekuatan untuk berbuat baik pada sesama, ungkap Bapak Agus Nugraha selaku Head of Marketing Hair Care PT. Unilever Indonesia. Kampanye ini diluncurkan sekaligus untuk memperingati Hari Anak International tahun ini yang jatuh pada tanggal 1 Juni yang lalu. 

Dalam kampanye ini, Lifebuoy menggandeng Yayasan Kanker Indonesia juga untuk membantu para penyintas kanker dalam mengembalikan semangat dan rasa percaya diri mereka dengan salah satunya pembuatan rambut palsu/wig sebanyak mungkin untuk penyintas kanker di berbagai wilayah Indonesia.

Sebetulnya, aku sudah mulai mendonasikan rambutku sejak tahun 2019. Awalnya karena ada beberapa teman yang berdonasi akhirnya aku tergerak juga untuk mulai mendonasikan rambutku untuk dibuat wig bagi para penyintas kanker. Sehingga dengan adanya program Berbagi Kebaikan bersama Lifebuoy ini akupun turut senang dan mendukung sepenuhnya agar semakin banyak orang yang tahu bahwa rambut kita bisa berguna untuk orang lain. 

Hal ini sangat diapresiasi dan disambut baik oleh Dr. Siti Annisa Nuhonni selaku Pengurus Bidang Pelayanan Sosial Yayasan Kanker Indonesia. Dokter Honni menceritakan bahwa dukungan yang paling dibutuhkan oleh para penyintas kanker adalah dukungan secara psikis dan moral.

Apabila seseorang terdiagnosa kanker, tentu keluarga terdekatnya juga akan merasakan sakit yang sama. Apalagi jika sudah menjalani terapi kemo dan mengalami masalah kerontokan rambut, warna kulit yang menggelap dan kondisi tubuh yang menjadi kurus atau malah menjadi gemuk dengan relatif cepat. Maka disinilah peran keluarga dan kita sebagai masyarakan untuk bisa memberikan dukungan agar para penyintas kanker bisa memiliki semangat dan harapan hidup yang lebih baik.


Berbicara mengenai rambut, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, SpPD, KHOM, FINASIM, FACP selaku Ketua Umum Yayasan Kanker Indonesia mengatakan bahwa rambut diibaratkan bagai mahkota bagi manusia. Maka apabila secara paksa mahkota ini dirusak karena terapi kemo tentu para penderita kanker akan mengalami rasa tidak percaya diri terutama kaum perempuan dan anak-anak. Bayangkan saja jika kita bisa berbagi rambut sehat kita untuk mereka, tentu kita juga berbagi rasa percaya diri dan semangat kita untuk mereka juga, bukan?

Berbagi kebaikan ternyata juga berdampak baik untuk kesehatan mental kita lho! Dengan menyumbangkan rambut kita, kita bisa membuat orang lain menjadi semangat menjalani hidupnya, kitapun merasa senang karena kita bisa bermanfaat bagi orang lain, dan ternyata ini asyik dan bikin ketagihan lho.. Buktinya aku sudah rutin setiap tahun menyumbangkan 5-10cm rambutku untuk para penyintas kanker.

Cara Ikut Donasi Rambut "Berbagi Kebaikan"


Ternyata ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengikuti kampanye Berbagi Kebaikan Bersama Lifebuoy, yaitu:

1. Donasi Potongan Rambut
Kalian bisa mendonasikan sebagian potongan rambut untuk nantinya dibuat menjadi wig bagi para penyintas kanker yang akan didistribusikan oleh Yayasan Kanker Indonesia ke berbagai wilayah Indonesia. Caranya:


- Cuci dan bersihkan rambut. Kemudian ikat sepanjang yang ingin disumbangkan.
- Potong rambut persis diatas ikatan karet agar rambut tidak berantakan.
- Akan lebih baik jika rambut dalam kondisi tidak diwarnai atau warna natural dengan panjang rambut 10-25cm agar bisa dijadikan wig rambut asli, tapi jika tidak sampai 10cm atau memiliki cat rambut warna terang juga tidak masalah karena nantinya rambut kalian akan digramasi dan akan dijadikan wig sintetis.
- Simpan potongan rambut tadi kedalam plastik ziplock dan masukkan ke dalam amplop.
- KIRIM KE: PO BOX LIFEBUOY BERBAGI KEBAIKAN JAKARTA 12000 dengan mencantumkan nama, alamat dan nomor telepon kalian.

2. Donasi melalui pembelian produk Lifebuoy Shampoo


Jika kalian tidak memiliki rambut yang hendak didonasikan, kalian bisa membeli produk Lifebuoy Shampoo varian Kuat & Berkilau yang limited edition dengan tutup warna hijau seperti ini.
Dengan membeli produk tersebut, kalian sudah berkontribusi untuk penggalangan dana yang nantinya juga akan diserahkan untuk pihak Yayasan Kanker Indonesia.

3. Donasi melalui kitabisa.com
Donasi kalian juga bisa disalurkan untuk membantu pengobatan para penyintas kanker di seluruh Indonesia bersama Lifebuoy dan  Yayasan Kanker Indonesia melalui platform kitabisa di link berikut https://kitabisa.com/campaign/lifebuoy-berbagikebaikan

Acara ini ditutup dengan peluncuran secara resmi kampanye #BerbagiKebaikan dan juga Mona Ratuliu dan Nala sebagai pendonor rambut pertama untuk Lifebuoy dan Yayasan Kanker Indonesia. 


Tidak lupa sebelum pulang, aku juga turut mendonasikan sedikit rambutku untuk kampanye ini. Senang sekali rasanya, wajah jadi lebih fresh, kepala terasa ringan dan bisa memberikan contoh untuk Deston bahwa kita juga bisa #BeraniBerbagiKebaikan untuk orang lain dengan rambut sehat kita.




No comments :

Post a Comment

Back to Top