Sunday 30 July 2017

[FOOD] Yuk Bikin Makanan Sehat dengan Herbilogy; Superfood Asli Indonesia

Hi ladies,

Berbicara mengenai pola makan, pasti sangat identik dengan diet. Di Indonesia, mengatur pola makan seringkali disama artikan dengan diet, padahal mengatur pola makan dan melakukan diet adalah hal yang berbeda. Diet lebih ke tujuan untuk mencapai hasil berat badan dan bentuk tubuh yang ideal (bukan selalu diet berarti ingin kurus yah bisa jadi diet dilakukan untuk meningkatkan berat badan). Sedangkan pola makan adalah sebuah gaya hidup yang diterapkan dalam jangka waktu yang cukup lama guna mencapai suatu tujuan kesehatan tertentu.

Secara riset, kesadaran masyarakat Indonesia tentang pola makan/pola hidup sehat menyatakan bahwa masih ada 93,5% yang tergolong kurang makan sayur dan buah, 53.1% gemar makanan atau minuman yang manis dan 40,7% masih sering mengkonsumsi makanan berlemak.


Oleh karena itu, beberapa waktu lalu aku dan juga teman blogger yang lain mengikuti sebuah talkshow yang bekerjasama dengan salah satu suplemen kesehatan asli Indonesia, Herbilogy, untuk mencari tahu bagaimana mengatasi permasalahan pola makan kurang sehat ini. Apalagi aku adalah seorang mommy yang tentunya ingin anak dan suami tetap terjaga kesehatannya dan mau mengkonsumsi makanan yang lebih sehat, seperti kata pepatah kalau Ibu yang sehat pasti keluarganya juga sehat.. Setuju kan??

Berlokasi di Almond Zucchini, Jakarta acara ini digelar dengan thema "Did You Eat Your Superfood Today?" dengan pembicara antara lain Dr. dr. Samuel Oetoro, MS, SpGK kemudian ada juga Ibu Debora Gondokusumo (founder Herbilogy) dan Chef Eddrian Tjhia yang nantinya akan memberikan tips dan resep sehat untuk kita terapkan sebagai pola hidup yang lebih sehat.

Sebelum acara dimulai, para blogger diajak untuk mencoba balance board yang katanya kalau tidak bisa seimbang artinya ada yang tidak beres di dalam tubuh kita sepeti infeksi virus, daya tahan tubuh yang sedang turun, menumpuknya toksin, obesitas dan gangguan sirkulasi darah. Aku salah satu orang yang ga bisa bertahan lama di balance board, malahan sempat jatuh pas percobaan pertama berdiri sendiri di balance board. Wah, penting nih aku simak talkshow kali ini supaya lebih sehat. hehehe... 



Diungkapkan oleh dr Samuel bahwa kebanyakan orang Indonesia saat melakukan dieat atau pola hidup sehat hanya terbatas untuk menurunkan berat badan dengan cepat tanpa memikirkan pentingnya gizi yang seimbang dalam diet yang benar, padahal asupan nutrisi yang seimbang mempunyai peranan yang penting untuk daya tahan tubuh guna mencegah berbagai penyakit.


Diet untuk menurunkan berat badan boleh-boleh saja, tapi tetap penuhi gizi seimbang dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dalam jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tiap individu.
Pola diet yang tidak sesuai dengan kondisi tubuh serta kesibukan yang tinggi dan tingkat stress serta polusi udara di ibukota ini telah memicu pergeseran pola penyakit katastropik dan penyakit degeneratif seperti ginjal, diabetes, jantung, hipertensi dan lain sebagainya.

Nah, bagaimana solusi untuk tetap menjaga kesehatan serta bentuk tubuh yang ideal?


Sebenarnya mudah, ada "4-J" yang akan membantu kita untuk mencoba mengatur pola hidup atau pola makan yangl lebih sehat. Aku bahas satu per satu berikut penjelasan lebih lengkapnya yah..

1. Jumlah


Jumlah disini berbicara mengenai keseimbangan energi yang masuk dan energi yang dikeluarkan, Contoh gampangnya adalah kalau makanan/kalori yang masuk lebih banyak daripada kalori yang dibuang maka akan menimbulkan obesitas atau kegemukan.

Jadi, mulai hitung jumlah makanan yang masuk dengan energi yang dikeluarkan tidak perlu dengan rumus yang ribet hanya perlu makanan dengan gizi seimbang (termasuk karbohidrat yaa) dan usakan untuk berolah raga ringan selama kurang lebih 30 menit. Tidak perlu olah raga yang berat, hanya joging atau jalan cepat saja maka kalori akan terbakar di menit ke 20 dan seterusnya.
Olah raga ringan dalam rentang waktu minimal 30 menit akan jauh lebih baik daripada olah raga berat.

2. Jenis


Coba berbagai jenis makanan untuk mendapatkan gizi yang seimbang. Seperti saat masih SD tentunya kita tahu dan hafal apa saja makanan 4 sehat 5 sempurna, coba mulai terapkan lagi pola makan seperti itu supaya terpenuhi semua zat gizi yang diperlukan oleh tubuh.

Selain itu, kenali juga berbagai jenis lemak yang sehat dan kurang sehat untuk kesehatan kita. Lemak yang terdapat pada alpukat, biji-bijian dan kacang-kacangan adalah lemak sehat jadi tidak perlu dihindari karena punya manfaat sendiri untuk tubuh kita. Asam lemak omega 3 dan 6 pada ikan dan beberapa seafood juga sangat baik untuk meningkatkan daya ingat otak kita.

Untuk jenis makanan yang variatif, Indonesia adalah rumahnya. Semua buah eksotis khas iklim tropis ada disini. Bahan makanan superfood juga banyak lho yang asli Indonesia, jamu lokal Indonesia jangan ditanya lagi deh khasiatnya. Tapi buat yang kurang suka jamu, Ibu Debora memberikan solusi yaitu Herbilogy



Herbilogy merupakan superfood dari ekstrak tanaman alami pertama di Indonesia. Sebelumnya, aku pernah membahas mengenai Herbilogy di blogku awal tahun ini, saat itu aku bercerita tentang Herbilogy varian Indigenous Java Turmeric/Temulawak. kalau penasaran dengan apa itu Herbilogy silahkan klik link disini yaa.

Tadinya aku pikir Herbilogy ini produk dari luar negeri tapi ternyata Herbilogy ini produk lokal dengan memberdayakan petani lokal dengan hasil bumi asli Indonesia lho! Salut deh buat Ibu Debora.

Kembali ke masalah "jenis" tadi, coba pilih jenis suplemen makanan yang dalam prosesnya tidak merusak kandungan gizi alami. Ekstraksi menggunakan suhu rendah, tidak mengurangi gizi makanan. Hal ini sama seperti yang diterapkan oleh Herbilogy yang memproses semua bahan mentah dengan metode cold press dan menghindari penggunaan pewarna, perasa, pemanis tambahan, dan pengawet. Herbilogy juga larut sempurna dalam air lho jadi sangat praktis dan mudah untuk kita atau anak-anak yang kurang suka rasa jamu, bisa dilarutkan dalam jus atau masakan.

3. Jadwal


Jadwal makan kadang dianggap sepele, tapi cobalah makan dengan jam yang teratur 3x sehari. Bila ada diantara kalian yang punya riwayat sakit maag kambuhan coba tambahkan jadi 5x sehari (3x makan besar, 2x cemilan).
Kalau pesan dari papa saya dulu waktu saya masih kecil, makanlah sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang. Jadi tidak sampai terkena sakit maag dan makan dengan porsi yang cukup supaya tidak kembung atau begah.

4. Jurus Masak


Nah ini dia, sebagai seorang Ibu yang mengharapkan anaknya doyan makan sayur dan buah penting nih untuk mendalami jurus masak supaya makanan tetap terlihat nikmat tanpa anak-anak sadar kalau isinya adalah sayuran. Hahaha..
Jurus masak kali ini dibawakan oleh Chef Eddrian yang menawarkan menu sehat namun tetap tertata rapi dan terlihat nikmat sejak welcome snack dan welcome drink di acara ini. Jadi ternyata sejak awal hadir disini, saya menikmati makanan sehat dengan campuran Herbilogy di dalamnya. Ternyata sungguh enak lho makanan sehat itu!





Chef Addrian juga mengajak blogger yang hadir untuk mecoba membuat beberapa resep smoothie sehat dengan bahan Herbilogy. Aku berpasangan dengan Mba Mira mencoba re-create menu yang dibuat oleh chef, antara lain Non Diabetic Cinnamon Ice Cream (menggunakan Herbology-Cinnamon), Rosella Detox Fruity Water (menggunakan Herbilogy-Rosella), dan Cooling Chia Mango Pudding for Kids (menggunakan Herbilogy-Cooling Cogon Grass).




Jadi, itu tadi 4-J untuk hidup lebih sehat. Jika diterpakan maka kesehatan serta daya tahan tubuh akan meningkat dan efek bonusnya adalah bentuk badan yang ideal. hehehe..
Di akhir acara, semua blogger yang hadir mendapat goodiebag berupa mini blender dan beberapa varian Herbilogy untuk dicoba di rumah.

Tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk mencoba membuat menu makanan dan  minuman yang sehat untuk keluarga, jadi aku akan share juga disini beberapa menu yang aku buat dari Herbilogy berikut:

1. Resep menggunakan Herbilogy - Green Coffee


Buat kalian yang sedang berusaha menurunkan berat badan, Green Coffee akan sangat membantu karena mengandung antioksidan yang tinggi, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan energi, menurunkan gula darah dan kolesterol serta mampu menekan nafsu makan berlebihan.
Green Coffee akan aku kombinasikan dengan pisang yang kaya akan sodium dan potasium serta sayuran pokcoy untuk tambahan serat pangan dan vitamin. Serta tidak lupa aku tambahkan chia pudding sebagai efek "mengenyangkan" perut agar penuh energi sepanjang hari.
Yuk langsung saja kita eksekusi..

Super Green Smoothie


Bahan:
1 sdt Herbilogy Green Coffee
1 buah Pisang yang sebelumnya sudah dibekukan (Frozen Banana)
200gr Pokcoy
2sdm Madu
150ml SusuFull Cream (untuk vegetarian atau sedang diet gunakan Almond Milk)


Garnish:
Chia Pudding secukupnya (cara membuatnya, cukup rendam chia seed kedalam susu cair selama 10 menit)
Chia Seeds

Cara membuat:
1. Masukkan frozen banana, pokcoy, madu, susu serta Herbilogy Green Coffee ke dalam blender.
2. Nyalakan blender dan blend semua bahan tadi hingga halus. Sisihkan.
3. Tuangkan chia pudding ke dasar mangkuk atau gelas, kemudian perlahan-lahan tuangkan smoothie di atas cha pudding supaya tampilannya bagus dan menngugah selera.
4. Hias dengan taburan chia seeds.



Smoothie yang akan aku buat ini cocok untuk pengganti sarapan pagi hari karena kaya akan serat untuk lebih semangat beraktivitas. Mudah dibuat dan bahannya juga tidak susah dicari.

2. Resep menggunakan Herbilogy - Cinnamon


Resep ini terinsiprasi dari saus guacamole favoritku, tapi kali ini aku sedikit rubah rasanya jadi lebih manis dan cocok untuk dip atau olesan roti saat sarapan pagi atau sekedar camilan sambil menunggu makan malam.

Seperti guacamole pada umumnya, bahan dasarnya sudah pasti alpukat yang kaya akan serat pangan, magnesium, vitamin B6, Vitamin E untuk kesehatan kulit dan rambut, serta kaya akan asam folat yang baik untuk masa pertumbuhan anak dan ibu hamil.

Alpukat yang kaya akan nutrisi ini aku kombinasikan dengan Herbilogy Cinnamon yang mampu membantu menurunkan kadar gula darah dan kolesterol. Selain itu Cinnamon juga merupakan obat herbal penurun demam, anti bakteri, anti inflamasi serta anti microbial. Dengan kandungan nutrisi yang luar biasa ini, Cinnamon sangat tepat dikonsumsi setiap hari untuk meningkatkan kekebalan tubuh dari serangan penyakit dan sangat cocok untuk cemilan penderita diabetes. Langsung kita buat saja ya, berikut resepnya:

Sweet Guacamole Dip


Bahan:
2 lembar roti gandum, potong memanjang
1 buah Alpukat
3 sdm plain yoghurt
1 sdm madu
1 sdt Herbilogy Cinnamon


Cara membuat:
1. Panggang sebentar roti gandum dengan olive oil hingga crispy. Jika tidak ada oven, toast diatas teflon menggunakan unsalted butter.
2. Lumatkan alpukat dengan menggunakan garpu hingga agak halus (jangan terlalu halus).
3. Campurkan alpukat tadi dengan plain yoghurt, madu dan Herbilogy Cinnamon kemudian aduk hingga rata.
4. Tuang ke dalam mangkuk kecil.
5. Gunakan sebagai cocolan roti gandum crispy yang sudah kita buat di awal tadi.
6. Kalau kerepotan memanggang/toast roti gandum, bisa langsung gunakan saja pada roti tawar atau roti gandum sebagai olesan pengganti selai.



Oke, itu tadi 2 resep simpel dari aku sebagai pilihan kalian untuk menerapkan Jurus Masak seperti yang aku jelaskan diatas tadi. Hehehe..
Herbilogy punya 13 varian pilihan superfood asli Indonesia yang bisa kalian gunakan sebagai suplemen makanan yang lebih sehat dibandingkan dengan obat vitamin yang lebih banyak mengandung bahan kimia.

Penasaran dengan berbagai macam produk dari Herbilogy, atau malahan sudah mau coba beli dan menerapkan pola hidup sehat di rumah? Kunjungi langsung website dan social media Herbilogy di:

Herbilogy
www.herbilogy.com
Instagram: Herbilogy

Harga untuk setiap  Herbilogy cukup affordable, dengan 89.000IDR saja lho! Herbilogy juga menyediakan aroma oil dan massage oil dengan bahan alami tanpa pengawet. Untuk powder suplemen nya, isinya cukup banyak. Sebelumnya aku pakai Herbilogy Temulawak sejak awal tahun dan baru habis bulan lalu. Karena bentuknya bubuk jadi lebih awet juga, asalkan ziplock kemasannya ditutup kembali dengan rapat dan simpan di suhu ruang yang tidak terkena sinar matahari langsung.


Jadi, hidup sehat itu mudah kan?? Selamat mempraktekkan 4J yang aku bahas di blogpost kali ini yaa.. Jangan lupa share pendapat kalian juga kalau sudah coba Herbilogy atau metode sehat 4J ini..

See you on my next post, ladies..

No comments :

Post a Comment

Back to Top