Wednesday, 13 November 2019

Melalui MOFP, Kementerian Perindustrian Berharap Indonesia Bisa Menjadi Pusat Fashion Muslim

Indonesia merupakan negara dengan penduduk yang beragama Muslim terbanyak di dunia, mencapai hingga lebih dari 80% dari total jumlah penduduk Indonesia lho! Busana Muslim khususnya bagi wanita, dulu hanya terkesan itu-itu saja dan monoton. Namun sekarang seiring berkembangnya teknologi, fashion hijabers dan modest mulai semakin kreatif, unik dan modern. Seperti program dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) yang sudah dua tahun ini menggelar Modest Fashion Project (MOFP) untuk mengembangkan kreatifitas desainer muda Indonesia untuk bisa mengembangkan industri fashion Muslim.



Nah, baru-baru ini MOFP 2019 digelar di F1 dan F3 Atrium fX Sudirman. Tepatnya tanggal 12-16 November 2019, kalian bisa menikmati dan melihat beberapa desainer muda berbakat yang menjadi finalis di MOFP memamerkan karyanya dalam krasi fashion Muslim modern.

Kebetulan, kemarin aku hadir di pembukaan acara MOFP ini dan aku melihat banyak sekali karya yang unik dan punya ciri khas dan tetap terlihat anggun. Dalam acara ini, hadir Ibu Gati Wibawaningsih selaku Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.


Ibu Gati mengatakan bahwa program ini merupakan dukungan dari pemerintah untuk industri kecil dan menengah terutama di bidang fashion dimana banyak wirausaha baru dalam bisang fashion Muslim yang mandiri dan punya daya saing. Sebelum beberapa finalis terpilih untuk memamerkan karyanya di MOFP ini, sebelumnya sudah diadakan seleksi melalui kompetisi desain dan konsep bisnis yang diikuti oleh lebih dari 300 peserta dari perancang busana Muslim dengan range usia anatara 19 hingga 25 tahun.


Anak muda Indonesia yang membanggakan dan berbakat! Dari sini terpilihlah 20 orang finalis terbaik untuk mendapatkan pelatihan dan diberikan ijin usaha, Hak Kekayaan Intelektual serta akses pasar.

Kebetulan saat aku hadir, aku melihat trunk show dari 6 finalis yaitu Cita Qhurbani, Yuafni, Dita Dwi Nitami, Arjun Doan Putra, Astika Aquilla, dan Dhiya Fajri Sadida.






Melihat model fashion Muslim masa kini dengan ciri khas masing-masing desainer nya. Ternyata, busana Muslim bisa dibuat menjadi berbagai model yang unik dan tidak lagi monoton. Ada yang bisa dipakai saat santai, semi formal hingga pesta. Keren kan hasil karya anak bangsa. Oh iya, dan ini semua menggunakan kain produksi dalam negeri lho!

Pada acara ini hadir juga Mario Ginanjar salah satu personil Kahitna untuk menghibur undangan yang hadir.


Industri fashion di Indonesia juga mengalami peningkatan setiap tahunnya, bahkan banyak desainer dari luar negeri juga turut memuji kain batik dan tenun dari Indonesia. Kinerja ekspor prosuk fashion hingga September 2019 tercatat senilai 9,2 miliar dolar AS yang mempunyai kontribusi sebesar 9,8% terhadap total ekspor industri pengolahan.

Oleh sebab inilah Kemenperin juga akan mengadakan Indonesia Industrial Moslem Exhibition 2020 (ii-motion). ii-motion merupakan pameran yang akan menampilkan hasil industri Indonesia dengan halal lifestyle nya dengan meliputi komoditi fashion, kosmetik lokal, perhiasan khas daerah Indoneisa, serta minuman kopi hasil kebun Indonesia yang dikenal dunia dan juga platform digital yang mendukung industri halal dan ekonomi syariah.



Dengan adanya hal tersebut, Kemenperin mengharapkan di tahun 2020 nanti Indonesia bisa menjadi pusat fashion Muslim dunia dan bisa terus meningkat dari segi kemampuan desainernya, bahan serta penjualan ekspor nya.

The State of Global Islamic Economic menyatakan bahwa saat ini Indonesia sudah menjadi negara dengan pertumbuhan industri fashion Muslim terbesar kedua setelah Uni Emirat Arab. Ini tentunya sebuah prestasi yang baik dan patut kita pertahankan, bukan?


Nah, untuk kalsian pecinta fashion Muslim wajib nih hadir di Modest Fashion Project (MOFP) yang digelar di fX Sudirman hingga tanggal 16 November 2019 nanti. Akan ada trunk show dari 20 finalis, talkshow, makeup demo, kosmetik day serta grand final dan penyerahan penghargaan pemenang Kompetisi MOFP 2019 dan Kompetisi Kosmetik bagi startup IKM kosmetik. Jangan sampai ketinggalan yah..

5 comments :

  1. Upaya kemenperin musti didukung seluruh stakeholder. Kalau semua elemen mendukung, maka harapan Indonesia menjadi kiblat fesyen muslim bukan sekedar mimpi, amin

    ReplyDelete
  2. Yuk bareng2 dukung Kemenperin membangun dan meningkatkan fashion muslim di Indonesia ;)

    ReplyDelete
  3. Setuju, perlu turun tangan dr berbagsi belah pihak agar Kemenparin berhasil mewujudkan harapan Indonesia menjd pusat fesyen muslim d dunia.

    ReplyDelete
  4. Keren-keren karya desainer muda Indonesia, khususnya modest fashion wear. Gak kalah saing

    ReplyDelete
  5. Setuju kak, sekarang fesyen muslim tidak monoton lagi. Sampai aku aja terkaget-kaget perasaan transaksi baju muslim yang A belum kebeli, eh muncul lagi model B

    ReplyDelete

Back to Top